Sukses

Anak Susah Selera Makan

20 Oct 2014, 09:33 WIB
Wanita, 31 tahun.

Siang dokter, sy mau tanya. Anak saya usia 17bulan. Tanya dia tdk begitu sulit utk makan. Tp setelah dia pernah sakit dan diopname, makannya jd susah. Sudah saya akalin berbagai cara, tp tetap gk mau makan. Sampai akhirnya sy kembalikan menunya menjadi bubur saring , dan saya berikan dgn cara dipipet. Baru dengan cara begitu dia mau makan, dan habis. Anak saya kadang mau makan seperti biasa nasi+lauk dan sayur mgnk sendok, tp itu jaranng sekali.. Pikir saya yg penting makanannya bisa masuk,jd anak sy gk kekurangan gizi. Pertanyaan sy : 1). Gak apa2 kan dok kalo makanannya masuk tp dgn cara seperti itu ? 2). Bagaimanakah caranya agar dia bs doyan makan ? Selain merubah variasi menu, suasana, pakai piring yg menarik, jgn diberi susu sebelum jam makan, makan bareng dgn ortu atau keluarga, biarkan makan sendiri.. karna semua itu sudah sy coba tp gk ada hasilnya.. 3). Apakah benar madu syamil bs meningkatkan nafsu makan anak ? Terimakasih

Terima kasih atas pertanyaan Anda

Kami mengerti kekhawatiran yang Anda rasakan. 

Pemberian makan pada anak sebaiknya disesuaikan dengan tahapan perkembangan tubuhnya. Pada umur 12 – 24 bulan, frekuensi MPASI makanan utama (makan besar) diberikan 3 – 4 kali sehari dan juga 1 – 2 kali snack tambahan. Sebaiknya di usia 17 bulan anak Anda sudah memasuki tahap makan sama dengan makanan keluarga,mulai kenalkan makanan lembek tanpa saring di atas umur 9 bulan. Jika terlambat menaikkan tekstur makanan maka anak akan semakin sulit memakan makanan yang lebih padat.

Pemilihan tekstur makanan MPASI ini disesuaikan juga dengan sistem persarafan, oro-motorik bayi dan proses pencernaan makanan. Proses pencernaan makanan ada dua tahap, yaitu pencernaan mekanik oleh kegiatan oro-motorik gigi-geligi dan pencernaan kimiawi oleh reaksi enzimatik enzim pemecah makanan. Memang dibutuhkan kesabaran dalam sesi memberi makan anak, Anda dapat mencoba makanan padat perlahan-lahan sampai Anda menemukan tipe makanan yang bisa dan dapat diterima oleh anak Anda.

Untuk lebih jelasnya, Anda dapat mengakses artikel-artikel berikut ini:

 

Jadwal Makan Bayi

Jenis-Jenis Makanan Bayi

Panduan Makan Bayi

 

Beberapa penyebab yang menyebabkan anak tidak mau makan diantaranya adalah :

  • Memakan cemilan padat kalori menjelang jam makan, sehingga anak tidak merasa lapar. Contohnya permen, minuman ringan, coklat, chiki, dll. Akibatnya ketika jam makan tiba anak sudah kekenyangan.
  • Minum susu terlalu banyak. Padahal setelah anak berusia 1 tahun, kehadiran susu dalam menu sehari-hari bukanlah hal wajib. Secara gizi, susu hanya untuk memenuhi kebutuhan kalsium dan fosfor saja. Kalsium dan fosfor sendiri mudah kita dapatkan dalam ikan-ikanan, sayur & buah. Kurangi susu! Di atas usia 1 tahun kebutuhan susu hanya 2 gelas sehari. Mulailah melatih anak dengan berbagai jenis makanan. Ubah pola pikir orangtua
  • Bosan dengan menu makan ataupun penyajian makanan. Variasikan menu makanan dengan baik.
  • Anak sedang dalam fase 'negativistik'. Bina komunikasi yang baik dengan anak. Bersabarlah menghadapi anak.
  • Anak sedang sakit / sedih. Anak tidak mau makan dapat juga disebabkan karena anak sedang sakit atau sedang sedih.

Apa kira-kira penyebab sulit makan pada anak Anda?

Madu kaya akan nutrisi, vitim dan mineral. Beberapa penelitian menyatakan bahwa madu dapat meningkatkan nafsu makan seseorang. Anda dapat memberikan madu kepada anak Anda dari jenis produk apa saja.  

Berikut kami sertakan pula beberapa artikel yang sekiranya dapat bermanfaat bagi Anda:

Anak Anda Susah Makan?

10 Nutrisi Paling Penting Bagi Anak

Anak Sulit Makan?

Pengaturan Makan Bagi Pertumbuhan Anak

 

Semoga Anda sekeluarga sehat selalu. Salam kami untuk anak Anda.

 

Demikian informasi yang dapat disampaikan. Semoga bermanfaat. 

Salam,

0 Komentar

Belum ada komentar