Sukses

Tidur Anak

29 Sep 2014, 15:48 WIB
Wanita, 30 tahun.
Dok.saya ibu 1 anak (usia 2th bb 12kg tinggi 98cm) mo nanya nh pola tdr anak misal anakny tdr mlm jm 9 trus bangun pagi jm 5 dan tdr pagi jm 10 atau jam 11 dan tdrny cm 2-3jam saja tu terjadi hmpir tp hari. Yg saya tanya apakah pola tdr spt itu bs mengakibatkan anak kurus,pdhl anakny doyan makan dan ngemil? Kl bnr knp bs demikian dan gmn solusiny br anak jd gemuk dan tdr teratur.terima kasih

 Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi KlikDokter.

Salam kami untuk buah hati Anda.

Jumlah kebutuhan tidur anak memang bervariasi bergantung pada faktor usia anak. Jumlah kebutuhan tidur anak pada usia 3-6 tahun adalah sekitar 10 sampai 12 jam. Anak-anak pada usia ini pergi tidur di malam hari pada pukul 7 sampai 9 malam, dan bangun antara pukul 6 sampai 8 pagi. Pada umur 3 tahun, sebagian masih ada yang mempertahankan waktu tidur siangnya, namun sebagian besar tidak. Durasi tidur siang juga menjadi pendek juga secara berangsur-angsur. 

Bagaimana dengan anak Anda? Kapan saja anak Anda sulit tidur? Apakah pada malam hari atau siang hari? Bagaimana dengan pola aktivitasnya? Bagaimana dengan kebiasaan tidurnya selama ini? 

Jika memang anak Anda sulit untuk tidur siang, hal ini disebabkan karena memang usia anak Anda merupakan usia untuk mengurangi masa tidur siang karena tubuhnya sudah dapat lebih banyak melakukan aktivitas. Sedangkan bila sulit tidur di malam hari, perlu diperhatikan pola aktivitasnya atau malah mungkin anak Anda tidur di sore hari sehingga sulit tidur di malam hari.

Setiap manusia memerlukan tidur untuk memulihkan tenaganya. Begitupun dengan anak Anda. Pada anak, tidur diyakini memiliki kontribusi pada perkembangan otak. Namun membuat anak tertidur sendiri memang membutuhkan waktu dan kesabaran.  Anak Anda tidak serta-merta lahir dengan disertai pengetahuan mengenai cara tidur yang benar. Tidur adalah kemampuan yang perlu dipelajari dan memerlukan bantuan untuk dikuasai oleh anak Anda.

Saat lahir, anak masih bingung antara siang dan malam. Oleh karena itu akan lebih baik untuk menerapkan kebiasaan-kebiasaan baik lebih awal. Cara terbaik yang dapat diajarkan orangtua adalah dengan menjadikan suasana senang dan gembira selama siang hari, dan membuatnya tenang bahkan membosankan pada malam hari.

Anak yang terbiasa tidur dalam suasana yang sangat tenang akan kehilangan kemampuan alaminya untuk tidur dalam suasana kesibukan rumah tangga normal. Bila dibiarkan anak biasanya akan tenang dan kembali tidur.

Satu lagi pemikiran yang salah tentang menidurkan anak adalah dengan menggendongnya hingga anak benar-benar tertidur sebelum akhirnya dibaringkan di tempat tidur. Beberapa tips untuk menidurkan anak yang dapat Anda lakukan adalah:

  1. Upayakan untuk selalu membaringkan anak anda ketika ia masih dalam keadaan mengantuk, sebelum benar-benar tertidur.
  2. Anak yang terbiasa tidur sendiri lebih mampu tidur kembali ketika ia terbangun saat malam hari.
  3. Apabila Anda diperlukan untuk menenangkan anak Anda kembali, cobalah untuk tenang dan bahkan menjadi sedikit membosankan.
  4. Upayakan selalu menerapkan kebiasaan menjelang tidur yang dapat dikenali. 

Mandikan anak Anda, baringkan ia di tempat tidur, lihat buku bersama, nyanyikan sebuah lagu, beri ia ciuman dan ucapkan selamat malam dengan cara yang sama setiap malam. Kegiatan menyenangkan dan penuh kasih sayang yang dilakukan berulang menjelang tidur akan dikenali anak Anda sebagai tanda waktunya untuk tidur.

Demikian informasi  yang dapat kami sampaikan. semoga bermanfaat. 

Salam,

Tim Redaksi KlikDokter

0 Komentar

Belum ada komentar