Sukses

Benjolan Pada Vagina

29 Sep 2014, 13:08 WIB
Wanita, 19 tahun.
Selamat Pagi dok.. Begini dok, di daerah vagina saya sebelah kiri ada seperti benjolan kecil dan perih kalau ada gesekan, itu disebabkan karena saya merasa risih menggunakan celana jeans dan celana dalam yang kurang nyaman dan ketat.. saya mau minta solusi dok untuk penyembuhannya ?? Terima kasih dok

 Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Klikdokter

Ada beberapa penyakit yang dapat menyebabkan benjolan pada vagina. Apakah bentuknya seperti jerawat? Apabila bentuknya seperti jerawat dan letaknya di rambut kemaluan kemungkinan besar disebabkan oleh peradangan akar rambut yang dinamakan folikulitis. Berikut ini beberapa penyakit yang dapat menyebabkan benjolan pada bibir vagina:  

  1. Kista Bartholin/abses kelenjar Bartholin. Kista ini berasal dari kelenjar bartholin yang tersumbat. Setiap wanita memiliki sepasang kelenjar bartholin pada bibir vagina. Kelenjar yang tersumbat menyebabkan munculnya benjolan (kista) dan dapat pula terinfeksi sehingga meradang. Bila sudah radang, maka benjolan akan menjadi nyeri, kemerahan, dan hangat. Bila terdapat nanah kemungkinan sudah menjadi abses/bisul.
  2. Fibroma: tumor jinak yang berasal dari jaringan ikat pada bibir vagina
  3. Lipoma: tumor jinak yang berasal dari jaringan lemak.
  4. Sarkoma: tumor ganas yang berasal dari jaringan ikat.
  5. Adenocarcinoma Bartholin: tumor ganas dari kelenjar Bartholin  
  6. Pembengkakan kelenjar getah bening. Biasanya disebabkan karena ada infeksi, terutama bila timbul keputihan atau gatal pada vagina.

 

Untuk mengetahui benjolan itu berbahaya atau tidak, diperlukan pemeriksaan ke dokter. Dari pemeriksaan fisik, Dokter akan dapat menduga benjolan tersebut ganas atau tidak. Saran kami adalah Anda memeriksakan diri ke dokter.

Berikut kami lampirkan artikel yang berhubungan dengan pertanyaan Anda.

Menjaga Kesehatan 'Miss V'

5 Cara Menjaga Kebersihan Vagina yang Tepat

9 Tips Menjaga Kesehatan Vagina

Demikian informasi yang dapat Kami sampaikan. Semoga bermanfaat.

 

Salam,

 

Tim Redaksi Klikdokter

0 Komentar

Belum ada komentar