Sukses

Bintitan dan Cabut Gigi Pada Ibu Hamil

20 Oct 2014, 07:27 WIB
Wanita, 26 tahun.
SORE DOK...mau tanyak ni dok,ini kandungan saya kan ud 5bln jalan.dikelopak mata sebelah kiri atas ad semacam bisul ato bs dibilang bintitan/timbilen klo org jawa bilang.biasanya kn ad cairanya trus klo cairanya uda keluar kan ud kempes tp ini yg saya alami tdk ad cairanya cuma kayak mengumpal tp tdk ad keluhan.ini ud hampir 1bln tp g hilang2 trus skrg muncul lg dimata yg sama tp yg bagian bawah.skrg ad lg dipantat :) ap ini bawaan hamil ap saya alergi sesuatu?klo bisa mint saran salep ato obat yg bisa membantu menghilangkan n nyaman bwt kehamilan saya.dan 1 lg dok klo org hamil ap boleh cabut gigi?trmkh
drg. Arni Maharani

Dijawab Oleh:

drg. Arni Maharani

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Klikdokter.

Bintitan atau dalam medis disebut hordeolum, yaitu benjolan kecil yang tumbuh di sekitar mata akibat infeksi bakteri (umumnya Staphylococcus sp.) pada kelenjar minyak di tepi jajaran bulu mata atau di bawah kelopak mata. Umumnya hordeolum berisi nanah yang apabila bertambah besar dapat menghalangi mata terbuka secara optimal menimbulkan kesulitan untuk melihat. 

Hordeolum bukanlah sebuah gangguan serius dan sebagian besar akan sembuh sendiri. Benjolan ini justru lebih sering menyebabkan rasa malu daripada rasa sakit. Untuk mempercepat peradangan kelenjar dapat diberikan kompres hangat, 3-4 kali sehari selama 10-15 menit sampai nanah keluar. Pengangkatan bulu mata dapat memberikan jalan untuk penyerapan nanah. Jika cara tersebut tidak memberikan respon perbaikan maka pertimbangkan pemberian obat tetes yang mengandung antibiotik atau obat minum antibiotik (untuk kasus tertentu, jika peradangan mengenai seluruh mata). Selain itu, jika nanah terlihat tidak memiliki jalan keluar, maka dapat dilakukan penyayatan untuk mengeluarkan nanah.

Hordeolum tidak berhubungan dengan kehamilan. Kemungkinan besar lebih disebabkan karena faktor lingkungan yang kurang bersih. Sebagai preventif, untuk mencegah berulangnya hordeolum, disarankan untuk selalu mencuci tangan terlebih dahulu sebelum menyentuh kulit di sekitar mata, dan bersihkan daerah kelopak mata secara teratur untuk menghilangkan debu dan minyak yang menumpuk.

Apabila hordeolum membesar hingga menimbulkan gangguan penglihatan, insiden hordeolum yang terlalu sering, tidak sembuh spontan dalam satu minggu, dan tidak respon terhadap pengobatan sendiri sebaiknya Anda segera berobat ke dokter keluarga Anda atau Dokter Spesialis Mata untuk tatalaksana yang lebih optimal. 

Perawatan gigi baik pencabutan gigi atau perawatan lainnya pada ibu hamil dapat dilakukan dan tidak berbahaya asalkan perawatan tersebut dilakukan dengan prosedur yang benar. Namun trimester 2 adalah waktu yang paling aman dalam melakukan perawatan gigi, dan selain pada waktu tersebut seperti trimester 1 dan 3 perawatan gigi yang tidak begitu mendesak seperti dental bleaching dan pemasangan kawat gigi sebaiknya ditunda sampai setelah melahirkan.

Terima kasih atas pertanyaan Anda.

Salam,

Tim Redaksi Klikdokter.

 


0 Komentar

Belum ada komentar