Sukses

Bayi Formula Susah BAB

20 Oct 2014, 03:56 WIB
Wanita, 35 tahun.
dear dokter, Anak saya berusia 1 bln 4 hari (saat ini) krn ASI saya gak lancar makanya kami berikan susu formula pada bayi kami. Saya khawatir, dok... kenapa setiap mau PUP bayi kami seperti kesusahan sampai-sampai (maaf) NGEDEN (jawa)... Kira-kira apa masalah & bagaimana mengatasi masalah PUP bayi kami , dok.... Saya berharap mendapat masukan dan atas perhatiannya saya ucapkan terimakasih regards, Euis

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi KlikDokter.

Bayi yang mengkonsumsi susu formula memang cenderung lebih sulit mencerna nutrisi yang diberikan, dibandingkan dengan bayi yang mengkonsumsi ASI. Pada umumnya gerakan usus pada bayi-bayi ini lebih lambat sehingga mengakibatkan BAB lebih jarang dan tinjanya pun lebih tebal. Selain itu jika frekuensi masuknya susu juga kurang, bayi cenderung lebih sulit BAB.

Kesulitan BAB pada bayi dapat juga terjadi karena bayi masih kurang mengerti bagaimana teknik mengedan yang benar, sehingga ia tidak dapat mengeluarkan tinjanya dengan baik. Anda tidak perlu khawatir karena bayi akan belajar sendiri bagaimana cara mengedan yang benar.

Yang perlu Anda khawatirkan adalah jika ada penurunan frekuensi BAB pada bayi anda disertai dengan timbulnya keluhan-keluhan seperti bayi menjadi lebih rewel, perut kembung dan teraba keras, sering muntah, berat badan tidak naik, dan sebagainya. Jika hal-hal tersebut terjadi, kami sarankan Anda segera membawa bayi Anda ke Dokter Spesialis Anak, karena kesulitan BAB pada bayi seringkali juga terjadi akibat gangguan fungsional, misalnya karena pernah merasa kesakitan akibat feses atau tinja yang keras sehingga bayi menahan keinginan BAB, adanya kelainan organik seperti penyempitan rektum (bagian usus yang dekat dengan anus), dan lain-lain.

Semoga penjelasan ini bermanfaat.

Salam,

Tim Redaksi KlikDokter


0 Komentar

Belum ada komentar