Sukses

Penanganan Demam Pada Anak

29 Sep 2014, 14:12 WIB
Wanita, 31 tahun.
Anak saya usia 34 bulan sejak jam 10 malam td suhu badannya 38,6 sdh saya kasih obat penurun panas sdh bs tidur kmd paginya sempat turun 36,5 tp tetap saya kasih obat penurun panas tp siang jam 1 naik lagi menjadi 38,6!sdh saya kasih obat penurun panas kmd sore jam setengah 7 naik lagi menjadi 39,0 pdhl sdh saya kasih obat penurun panas kmd saya harus gimana? Padahal anak saya aktif bergerak, minum air putihnya banyak, makan juga banyak, sdh banyak istirahat gimana ni?

Terima kasih atas pertanyaan Anda

Kami mengerti kekhawatiran yang Anda rasakan. Bagaimana keadaan anak Anda saat ini? apakah masih demam?

Adakah gejala lain yang dialami oleh anak Anda (batuk, pilek, mencret, keluar cairan dari telinga, gusi berdarah, dll)? Apakah ada nyeri perut? Gangguan nafsu makan? Mual? Muntah? 

Demam yang terjadi pada anak Anda dapat disebabkan oleh banyak hal, termasuk : infeksi saluran pernapasan, infeksi saluran pencernaan, DBD, infeksi saluran kencing, keganasan darah, dll. LED (Laju Endap Darah) yang tinggi bisa menunjukkan adanya infeksi, peradangan ataupun sangat jarang keganasan. LED dapat meningkat pada infeksi bakteri ataupun virus.  Jika saat ini anak Anda masih demam, apakah sudah dilakukan pemeriksaan laboratorium?

Sangat sulit bagi kami untuk memastikannya jika tanpa pemeriksaan fisik maupun pemeriksaan penunjang tambahan. Diperlukan wawancara medis mendetil, pemeriksaan fisik dan pemeriksaan penunjang yang diperlukan untuk mengetahui penyebab demam anak Anda. 

Selain itu Ibu perlu  memastikan bahwa asupan makanan dan minuman anak Ibu baik, anak istirahat dan coba lakukan kompres. Obat panas harus diberikan sesuai petunjuknya, agar tidak berlebih dosis yang diberikan. Kompres yang digunakan sebaiknya dengan air hangat (bukan air dingin atau air es), taruh di dahi, kedua ketiak, dan lipat paha. Pastikan bahwa anak banyak minum, karena demam juga dapat mengakibatkan keadaan dehidrasi. 

Semoga anak Anda cepat diberi kesehatan. Salam kami untuk anak Anda dan keluarga.

Artikel yang perlu Anda simak untuk menambah informasi Anda terkait demam pada anak adalah sebagai berikut:

Semua yang Perlu Anda Ketahui Mengenai Demam pada Anak

Demikian informasi yang dapat kami berikan. Semoga bermanfaat. 

Salam,

0 Komentar

Belum ada komentar