Sukses

Herpes Zooster

17 Oct 2014, 23:21 WIB
Wanita, 19 tahun.
Ibu saya mengalami bentol-bento merah seperti terbakar di bagian punggung, dokter bilang itu herpes. kalo seperti itu jenisnya herpes apa yah ?

 Terima kasih atas pertanyaan Anda.

Kami mengerti kekhawatiran yang Anda rasakan. Herpes zoster adalah infeksi yang disebabkan oleh virus varisela-zoster dan menyerang kulit, mukosa, serta saraf. Karena disebabkan oleh virus, maka penyakit ini dapat sembuh sendiri (self limiting disease) dalam jangka waktu beberapa hari asalkan daya tahan tubuh atau kekebalan tubuh meningkat. Apabila Anda sebelumnya pernah terkena cacar air maka kemungkinan besar saat daya tahan tubuh Anda sedang turun, Anda dapat terserang herpes zooster. Kenapa hal ini terjadi? Karena virus yang membuat cacar air bernama virus varicella-zooster dapat dormant (tidur) pada susunan saraf dan saat daya tahan tubuh Anda sedang turun, muncul kembali menjadi herpes zooster. 

Obat antivirus yang diberikan untuk diminum 5x/hari ditujukan untuk mempercepat fase penyembuhan penyakit dengan mematikan virus tersebut. Obat yang terbaik adalah istirahat, jangan menggaruk ruam, makan dengan nutrisi yang cukup, minum obat antivirus, dan obat simptomatik lainnya. Pencegahannya jika belum pernah terkena cacar dan herpes zooster adalah dengan melakukan vaksinasi varicella (cacar air).

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan, semoga bermanfaat.

Salam,

Redaksi Klikdokter.

0 Komentar

Belum ada komentar