Sukses

Perbedaan Ukuran Testis

19 Oct 2014, 07:17 WIB
Pria, 23 tahun.
Dokter, saya seorang pria berusia 23 tahun dan belum menikah. Saya mempunyai 2 masalah dengan kesehatan saya. (1). Sejak saya masih kecil testis/buah zakar saya bagian sebelah kiri lebih kecil dan posisinya lebih turun/rendah dari testis yang kanan. apakah itu bahaya bagi alat kelamin dan kesuburan saya dokter? (2). Ada penyakit kulit yang sudah lama saya derita, bentuknya seperti benjolan kecil-kecil di pori-pori kulit saya. saya kira itu biang keringat namun saya obati dengan bedak tidak bisa sembuh. Itu penyakit apa ya dok? tumbuhnya banyak di sekitar leher dan dada saya, dan sekarang juga tumbuh di bagian lengan. dan ada juga yang tumbuh di sekitar pangkal Penis saya dok. Saya takut itu adalah penyakit kulit yang bahaya. Tambahan infomasi saya tidak pernah melakukan hubungan seks dan narkoba. Demikian keluahan saya pada Dokter. Terima kasih

Terima kasih atas pertanyaan Anda

Kami mengerti kekhawatiran yang Anda rasakan dan akan coba menjawab pertanyaan Anda.

(1). Sejak saya masih kecil testis/buah zakar saya bagian sebelah kiri lebih kecil dan posisinya lebih turun/rendah dari testis yang kanan. apakah itu bahaya bagi alat kelamin dan kesuburan saya dokter?

Perlu diketahui sebelumnya bahwa struktur anatomi tubuh manusia memiliki beberapa variasi bentuk yang normal ditemukan. Dalam satu individu sekalipun, variasi ini dapat ditemukan seperti testis kiri tampak lebih turun dibandingkan yang kanan pada laki-laki, atau payudara kiri tampak lebih besar dibandingkan kanan pada perempuan. Selama perbedaan ini tidak mencolok (< 50% antara sisi kanan dengan sisi kiri), maka kondisi ini dapat dikatakan normal.

Perlu juga diperhatikan konsistensi dari testis Anda, apakah semakin membesar dan teraba keras. Apakah makin terlihat besar pada waktu Anda mengedan atau batuk dan lain sebagainya. Gejala buah zakar membesar saat mengedan atau batuk, merupakan salah salah satu gejala turun bero atau hernia. 

Perbedaan ukuran testis tidak mempengaruhi kesuburan, namun untuk menentukan apakah terdapat gangguan kesuburan pada Anda, sebaiknya Anda melakukan konsultasi dengan dokter spesialis Andrologi agar dapat dilakukan pemeriksaan fisik secara menyeluruh.
 
(2). Ada penyakit kulit yang sudah lama saya derita, bentuknya seperti benjolan kecil-kecil di pori-pori kulit saya. saya kira itu biang keringat namun saya obati dengan bedak tidak bisa sembuh. Itu penyakit apa ya dok? 
 
Benjolan kecil di kulit yang Anda rasakan bisa berupa jerawat, biang keringat, atau benjolan lemak. Namun diagnosa penyakit kulit paling baik jika dilakukan pemeriksaan fisik secara langsung untuk melihat Ujud Kelainan Kulit (UKK). Kami sarankan Anda melakukan konsultasi dengan dokter spesialis kulit dan kelamin.

Berikut kami lampirkan artikel untuk menambah informasi Anda:

Diet Rendah Karbohidrat Baik Untuk Jerawat


Demikian informasi yang dapat kami sampaikan. Semoga bermanfaat.

Salam,


Tim Redaksi Klikdokter

0 Komentar

Belum ada komentar