Sukses

Alergi Susu Sapi di Anak

20 Oct 2014, 10:45 WIB
Wanita, 26 tahun.

Bayi saya usia 2 bln divonis dsa alergi susu sapi krn timbul bintik2 merah di wajah.dr pertama lahir minum sufor+asi.sufor yg diminum morinaga bmt plat.apakah bisa reaksi alergi br muncul setelah pemakaian bbrp bulan?mmg dulu bayi saya suka ehem2 kyk org yg tenggorakannya gatal,trs pup jg hijau.apakah itu termasuk gejala alergi?skarang saya dianjurkan oleh dsa minum nan ha.kira2 setelah ganti susu smp kpn dpt dilihat perubahannya?krn br pemakaian 2 hari ini bayi saya kadang msh batuk

Terima kasih atas pertanyaan Anda.

Kami memahami kekhawatiran Anda. Pertama izinkan kami menjelaskan tentang alergi susu sapi. Alergi susu sapi adalah reaksi alergi yang melibatkan antibodi IgE terhadap satu atau lebih fraksi protein yang terdapat dalam susu. Alergi susu sapi sering dikacaukan dengan intoleransi lakstosa oleh karena gejalanya yang serupa. Bagaimanapun, intoleransi laktosa dan alergi susu sapi tidak berhubungan. Alergi susu sapi merupakan reaksi alergi yang dipicu oleh sistem imun, sedangkan intoleransi laktosa adalah masalah yang disebabkan oleh sistem pencernaan.

Anak yang berusia 1 tahun dapat terkena alergi susu sapi. Namun alergi susu sapi dapat dideteksi dengan tes darah dan/atau prosedur sederhana yang disebut uji cukit kulit. Feses yang berubah menjadi hijau dapat terjadi karena hanya mengkonsumsi makanan yang mengandung rendah lemak. Feses yang  berwarna kuning/golden feces, berasal dari proses pencernaan lemak yang dibantu oleh cairan empedu.

Apabila anak Anda benar menderita alergi susu sapi, sebaiknya anak Anda menghindari segala makanan yang berbahan dasar susu sapi seperti keju, biskuit susu, dsb. Sebagai alternatif, susu kedelai, susu beras, dan susu nabati lain dapat menggantikan susu sapi, namun perlu diketahui bahwa 20% anak yang alergi susu sapi juga memiliki alergi terhadap susu kedelai. Uuntuk beberapa kondisi medis tertentu, dimana pengguanaan formula dianjurkan oleh tenaga kesehatan mengingat anak membutuhkan nutrisi dalam susu sapi untuk tumbuh keembangnya, penggunaan formulapartially hydrolyzed and extensive hydrolyzed lebih disarankan, dibandingkan dengan penggunaan susu kedelai (soy) dalam penanganan alergi susu sapi. Formula partially hydrolyzed  (formula terhidrolisasi sebagian) umumnya digunakan untuk mencegah timbulnya gejala alergi pada anak yang memiliki resiko alergi karena factor keturunan, sedangkan formula extensive hydrolyzed (formula terhidrolisasi seluruhnya) umumnya diberikan kepada anak yang telah menunjukkan gejala alergi (manifestasi alergi). Perilaku mengganti susu dengan jenis yang benar menjadi suatu masalah. Kesalahan memutuskan pemilihan susu pada anak berdampak panjang di masa depan. 

Saran kami, Anda perlu memastikan apakah anak Anda benar-benar mengalami alergi susu sapi. Hal tersebut dapat Anda lakukan dengan meminta dokter melakukan pemeriksaan tambahan (uji provokasi dan eliminasi).

Untuk informasi lengkap mengenai Alergi Susu Sapi pada Anak, kami sertakan artikel berjudul:

Gejala Klinis Alergi Susu Sapi

Kenali Gejala Alergi Susu Sapi

Soya Bukan Solusi Mengatasi Alergi Susu Sapi

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan. Semoga bermanfaat. 

Salam,

 

Tim Redaksi Klikdokter

0 Komentar

Belum ada komentar