Sukses

Penanganan Benjolan di Leher

19 Oct 2014, 11:41 WIB
Pria, 19 tahun.
dok saya punya adik yang menderita kelenjar sudah setahun lebih dok, adik saya ini rutin ke dokter tiap bulan dan membeli obat yang warnanya putih kecil tapi gak ada perubahan dok malah gitu-gitu aja, dulu pernah minum extract kulit manggis lah kurang lebih abis 2 botol. nah sekarang masih rutin minum obat dan minum larutan yodium karena dikasih tau tetangga tapi hasilnya gak ada dok.... bagaimana ya dok cara menyembuhkan penyakit ini? adakah obat alami yang bisa menyembuhkannya? soalnya kasian juga adik saya dilehernya jadi kaya cowok bikin dia gak pede dok. sekarang adik saya berumur 16 jalan. mohon dibantu ya dok:)

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi KlikDokter.

Kami mengerti rasa khawatir yang Anda dan adik Anda rasakan. Namun banyak kemungkinan yang dapat menyebabkan benjolan pada leher. Jadi sulit bagi kami menjelaskan penyebab pasti keluhan yang adik Anda rasakan dan penanganannya. Apakah diagnosis benjolan di leher adik Anda menurut dokter yang memeriksa?

Benjolan leher dapat disebabkan oleh berbagai sebab:

  • pembesaran kelenjar tiroid (gondok): hipertiroidisme, hipotiroidisme, tumor kelenjar tiroid
  • pembesaran kelenjar getah bening: tumor kelenjar getah bening, TBC kelenjar, penyebaran kanker dari tempat lain, infeksi bakteri
  • pembesaran kelenjar air liur: parotitis, tumor parotis 
  • bisul (abses), biasanya disertai dengan keluhan nyeri, warna kemerahan
  • sebab lain (jarang)

Apakah Anda ada gejala seperti mudah berkeringat, dan penurunan berat badan? Bila memang baru tumbuh, tidak keras, atau tidak nyeri kemungkinan besar benjolan tersebut tidak ganas namun untuk membedakannya kami sarankan agar Anda memeriksakan diri ke dokter yang menangani adik Anda sebelumnya, dokter akan melakukan pemeriksaan fisik. Melalui pemeriksaan fisik, dokter dapat memperkirakan benjolan itu berbahaya atau tidak atau disebabkan karena masalah tiroid atau bukan.

Jika penyebab benjolan di leher adik Anda adalah kelainan kelenjar tiroid, berikut adalah sedikit penjelasan mengenai pppenyakit gondok. Kelenjar tiroid (kelenjar gondok) merupakan kelenjar kecil berdiameter sekitar 5 cm, terletak di leher, tepat dibawah jakun. Kedua bagian tiroid dihubungkan oleh ismus sehingga bentuknya menyerupai huruf H atau dasi kupu-kupu. Dalam keadaan normal, kelenjar tiroid tidak terlihat dan hampir tidak teraba, namun terkadang dapat membesar (bukan kanker) yang biasa disebut penyakit gondok/gondokan. Meski umumnya tidak nyeri, pembesaran kelenjar gondok dapat menyebabkan kesulitan bernapas atau menelan.

Terapi penyakit gondok bergantung pada ukuran, gejala, dan penyebab yang mendasari.  Penyakit gondok umumnya dapat diatasi dengan obat-obatan (seperti apabila pembesaran terjadi akibat kelebihan produksi hormon tiroid; atau levotiroksin apabila pembesaran terjadi akibat kekurangan hormon tiroid; dsb). Pilihan lainnya adalah pemberian yodium radioaktif yang dapat menghancurkan kelenjar tiroid. Bagaimanapun, setiap pengobatan memiliki kelebihan dan kekurangan.

Terapi pembedahan baru dipertimbangkan pada beberapa keadaan:

  1. Usia muda dengan ukuran kelenjar tiroid sangat besar
  2. Wanita hamil yang membutuhkan obat antitiroid dalam dosis besar
  3. Penderita alergi atau mengalami efek samping obat antitiroid
  4. Adenoma toksik atau struma multinodular toksik
  5. Pada penyakit graves yang berhubungan dengan satu atau lebih benjolan


Oleh karena itu kami sarankan adik Anda memeriksakan diri kembali ke dokter penyakit dalam subspesialis metabolik dan endokrin untuk memeriksakan benjolan di leher Anda, hindari konsumsi obat dan larutan yang tidak diresepkan dokter karena ditakutkan malah memperparah kondisi.

Demikian informasi kami sampaikan. Semoga bermanfaat. 

Salam,

 

Tim Redaksi KlikDokter


 

0 Komentar

Belum ada komentar