Sukses

Hubungan Antara Menthol dengan Kesuburan Pria

18 Oct 2014, 10:47 WIB
Pria, 28 tahun.
Hi Dok, Terima kasih, karena pertanyaan saya waktu itu telah dijawab dengan rinci. Saya ada pertanyaan lain, maaf kalau kategorinya kurang tepat. Selama ini banyak desas desus yang mengatakan bahwa mengkonsumsi makanan atau minuman rasa mint atau menthol dapat menyebabkan impotensi. Apakah itu benar Dok? Sebenarnya saya ngga suka dengan rasa menthol, namun dari dulu saya sering mendengar desas desus ini, jadi penasaran dengan jawabannya. Tolong dijawab ya Dok, saya yakin banyak juga yang penasaran dengan ini. Terima kasih sebelumnya :)

Terimakasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Klikdokter.

Kami mengerti kekhawatiran yang Anda rasakan. Impotensi atau yang dikenal pula sebagai disfungsi ereksi (DE) merupakan salah satu jenis gangguan seksual pada pria. Secara definisi DE adalah kurangnya kemampuan dalam mempertahankan proses ereksi untuk melakukan aktivitas seksual dengan baik.

Gangguan ereksi dapat disebabkan banyak hal, diantaranya adalah :

  • Kelainan pembuluh darah
  • Kelainan persarafan
  • Obat-obatan
  • Kelainan pada penis
  • Masalah psikis yang mempengaruhi gairah seksual.

Agar bisa tegak, penis memerlukan aliran darah yang cukup. Karena itu gangguan aliran darah dapat menyebabkan gangguan ereksi. Kerusakan saraf akibat diabetes melitus, alkohol, obat-obatan, juga dapat menjadi penyebab disfungsi ereksi. Bahan kimiawi rokok juga mempengaruhi aliran darah, sehingga dapat juga berkontribusi pada gangguan ereksi ini. Sekitar 25% kasus impotensi disebabkan oleh obat-obatan yaitu jenis obat antihipertensi, anti depresi, anti psikosis, obat penenang, simetidin, dan litium.

Psikis seperti depresi, kecemasan, stres, perasaan bersalah, perasaan takut akan keintiman, dll juga menyumbang cukup besar penyebab dari gangguan ereksi. Diperlukan evaluasi lengkap dengan tambahan pemeriksaan penunjang yang dibutuhkan sesuai kecurigaan penyebab. Nutrisi yang dapat membantu mengatasi gangguan ereksi Anda adalah zinc dan kalsium. Jangan minum sembarang obat kuat tanpa pengawasan dokter guna menghindari efek samping yang dapat merugikan kesehatan tubuh.

Hingga saat ini belum ada bukti ilmiah yang menyatakan menthol/ mint dapat menyebabkan impotensi pada laki-laki. Sebuah penelitian dilakukan oleh ahli fitoterapi mengenai hubungan antara spearmint dan peppermint terhadap kadar androgen pada wanita dengan hirsutisme (suatu kondisi dimana terdapat hormon laki-laki berlebih pada wanita). Pada penelitian tersebut didapatkan adanya penurunan jumlah testosteron bebas (berlebih) dalam darah tetapi tidak ada penurunan signifikan terhadap testosteron total dan kadar dehidroepiandrosternedion (DHEA) sulfat. DHEA adalah hormon steroid yang paling banyak bersirkulasi di dalam darah dan berfungsi untuk sintesis hormon estrogen dan testosteron. Sehingga dibutuhkan penelitian lebih lanjut untuk mengetahui adanya hubungan antara mint dengan impotensi.

Kami sertakan artikel:

Disfungsi Ereksi Pada Pria

Mengenal Jenis Disfungsi Ereksi

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan. Semoga bermanfaat. 

Salam,

 

Tim Redaksi KlikDokter

 

0 Komentar

Belum ada komentar