Sukses

Pasta Gigi untuk Si Kecil

18 Oct 2014, 15:49 WIB
Wanita, 20 tahun.
Sore dok, saya ingin menanyakan bahayakah kalau pasta gigi tertelan? Soalnya saya baru mulai melatih si kecil untuk sikat gigi menggunakan pasta gigi... Terima kasih...
drg. Arni Maharani

Dijawab Oleh:

drg. Arni Maharani

Terima kasih atas pertanyaan Anda.

Pasta gigi anak sebagian besar memang dirancang khusus sesuai kebutuhan balita dan batita karena kebanyakan batita memang belum bisa meludah dan berkumur, sehingga aman bila tertelan. Namun pengawasan dan dampingan dari orangtua saat buah hati menyikat gigi sangat diperlukan, jadi sebaiknya sang ibu yang meletakkan pasta gigi di atas sikat gigi. Memang pasta gigi berfungsi supaya lebih bersih dan bahan aktifnya bekerja pada gigi dan gusi, dan umumnya pasta gigi anak memiliki rasa yang enak sehingga membangkitkan semangat anak agar mau sikat gigi. Meski demikian sebaiknya pasta gigi tidak ditelan, terutama pasta gigi yang mengandung fluor. Dan yang terpenting gunakan pasta gigi yang sesuai usianya.

Bila pasta gigi berfluor yang tertelan terlalu banyak dan melebihi ambang batas aman dan dalam jangka waktu panjang, anak lebih beresiko untuk mengalami fluorosis pada gigi permanennya, dimana email gigi tidak sempurna yaitu dapat terjadi noda pada gigi atau permukaannya tidak rata. Oleh karena itu pemberian pasta gigi sebaknya cukup sedikit saja. Proses pembersihan secara mekanis yaitu cara menyikat gigi lebih penting dan efektif untuk membersihkan gigi anak, ketimbang pemakaian pasta gigi dalam jumlah banyak. Seiring dengan waktu lama kelamaan anak pasti akan mampu meludah dan berkumur bila Anda terus melatihnya.

Demikian informasi yang dapat saya berikan, semoga bermanfaat.

Salam,

    0 Komentar

    Belum ada komentar