Sukses

Haid Sedikit Dan Keputihan

24 Sep 2014, 15:40 WIB
Wanita, 21 tahun.
Dok, sy sedang haid. tapi haid saya bulan ini dan bulan kemarin sedikit keluar darahnya, itu kenapa ya dok? padahal biasanya deras dan banyak. kemudian, haid bulan ini datangnya cepat. kemarin haid tgl 31 ags dan bulan ini tgl 21 sep. saya juga sering mengalami keputihan. kalau diperiksa ke dokter, apa mesti diperiksa vaginanya atau gk perlu dok? saya mau periksa tapi malu dok.

 Terima kasih atas pertanyaan Anda

Kami mengerti kekhawatiran yang Anda rasakan saat ini. Gangguan haid dapat bermacam-macam, mulai dari darah yang keluar sedikit atau malah banyak. Selain itu, gangguan haid juga bisa berkisar antara banyak siklus haid yang terjadi. 

Jumlah menstruasi yang sedikit dipengaruhi oleh perubahan hormonal. Perubahan tersebut dapat berupa fluktuasi normal. Hal ini juga dapat dipengaruhi keadaan tertentu seperti stress fisik dan emosional atau pun karena pengaruh diet yang kurang bernutrisi. Apakah pacar Anda dalam keadaan tersebut? Coba Anda perhatikan jumlah dan lama menstruasi pada siklus mendatang. Siklus menstruasi normal berlangsung selama 21-35 hari, 2-8 hari adalah waktu keluarnya darah haid yang berkisar 20-60 ml per hari. Jika siklus menstruasi masih dalam kisaran waktu di atas maka tidak ada yang perlu dikhawatirkan.

Keputihan adalah cairan yang keluar dari vagina. Keputihan dapat timbul dari berbagai keadaan, yaitu secara normal / fisiologis dan secara patologis. Keputihan fisiologis adalah keputihan yang normal terjadi akibat perubahan hormonal, seperti saat menstruasi, stres, kehamilan, dan pemakaian kontrasepsi. Sedangkan keputihan patologis adalah keputihan yang timbul akibat kondisi medis tertentu dengan penyebab tersering adalah akibat infeksi parasit / jamur / bakteri.

Cairan vagina normal memiliki ciri-ciri antara lain warnanya putih jernih, bila menempel pada pakaian dalam warnanya kuning terang, konsistensi seperti lendir (encer-kental) tergantung siklus hormon, tidak berbau serta tidak menimbulkan keluhan.

Ketika cairan yang keluar dari vagina sudah mengalami perubahan warna (menjadi putih susu, keabuan, hingga kehijauan), berbau, banyak dan disertai keluhan lain (seperti gatal, panas, dll) menunjukkan bahwa telah terjadi keputihan abnormal yang umumnya disebabkan karena infeksi pada saluran reproduksi oleh berbagai kuman, jamur ataupun parasit. 

Hasil dari pemeriksaan Anda menunjukkan adanya infeksi bakteri. Kalau ada infeksi bakteri pengobatannya adalah dengan pemberian antibiotik.  Oleh karena itu sebaiknya Anda mengunjungi dokter specialis kulit dan kelamin agar mendapatkan pengobatan yang tepat.  Karena penggunaan antibiotik yang tidak tepat justru dapat mempeberat keadaaan. Nanti pemeriksaannya bisa dengan melihat vagina Anda atau dengan melihat keputihan yang keluar di celana dalam Anda.

Demikian penjelasan yang dapat kami berikan. Semoga bermanfaat. 

Salam,

Tim Redaksi Klikdokter

0 Komentar

Belum ada komentar