Sukses

Gangguan Cemas

25 Sep 2014, 13:40 WIB
Pria, 18 tahun.
Ini pertanyaan yang dulu saya tanyakan Hai dok saya RAN 18tahun Saya mau nanya kenapa saya mudah trauma jika mendapat pengalaman yang buruk lalu terlalu memikirkan suatu hal yang berlebihan Saya selalu memikirkan sesuatu hal yang berlebihan sehingga saya depresi Saya memiliki rasa cemas yang berlebihan Saya sudah ke dokter spesialis jiwa untuk mengobati keluhan saya dan diberi obat kapsul diminum 2x sehari Namun takut kecanduan jadi saya minum 1x sehari Tapi anehnya jika diminum 1x sehari perasaan saya malah terlalu memikirkan sesuatu yang berlebihan Beda ketika saya minum 2x sehari perasaan saya bisa tenang Kira2 itu kenapa dan gimana cara mengatasinya Terimakasih dok Dan apakah dengan hipnoterapi bisa membantu juga dok ?

 Terima kasih karena Anda telah menggunakan fasilitas e-konsultasi dari KlikDokter.com

 
Kami mengerti kekhawatiran yang Anda rasakan, Berdasarkan keterangan  yang Anda berikan nampaknya Anda mengalami gangguan cemas. Dalam dunia kedokteran dikenal istilah gangguan cemas atau paranoid dan tergolong sebagai kelainan psikiatri.
 
Rasa cemas berlebihan dapat mengganggu konsentrasi, kualitas hidup dan terutama mengganggu sistem imunitas tubuh sehingga mudah sakit. Perbedaan dengan penyakit sesungguhnya adalah pada gangguan cemas berlebihan, dari semua keluhan yang muncul, jika dilakukan pemeriksaan fisik maka tidak ditemukan kelainan apapun. Rasa cemas berlebihan dapat menyebabkan gangguan kesehatan emosional dan psikologis yang pada akhirnya dapat mempengaruhi secera keseluruhan derajat kesehatan seseorang secara fisik. Rasa cemas berlebihan tidak secara langsung disebabkan karena penyakit tertentu.
 
Gangguan cemas  dapat memberikan gejala berupa sesak napas, nyeri dada, jantung berdebar, keringat berlebih, dsb. Atau keluhan-keluhan lain yang bervariasi, dan terutama rasa cemas dan takut berlebihan terhadap sesuatu
 
Gangguan cemas dapat diatasi dengan menenangkan diri, mengatur pernafasan dan mencari aktivitas yang menenangkan. Namun, jika tidak dapat diatasi sendiri dan mengganggu kualitas dan kenyamanan hidup, maka perlu bantuan obat-obatan.
 
Apabila resep yang diberikan oleh dokter psikiatri Anda instruksi pemberiannya 2x dalam sehari, maka sebaiknya Anda mengkonsumsi obat tersebut 2x dalam sehari. Untuk terapi lainnya Anda dapat konsultasi kembali dengan dokter psikiatri Anda. Beberapa teknik uang dapat dilakukan adalah kognitif dan behavioral psikoterapi. 

Baca pula artikel kami yang berjudul :

Demikian informasi kami sampaikan, semoga bermanfaat. 

Salam,



Tim Redaksi Klikdokter

0 Komentar

Belum ada komentar