Sukses

Pankreatitis Akut

18 Oct 2014, 17:06 WIB
Wanita, 29 tahun.
Selamat pagi n salam sehat dok.. Sy mau tanya tentang penyakit "infeksi pangkreas akut"..sy baru 2 minggu yg lalu kehilangan ibu sy krn penyakit ini..namun sayangx kmi keluarga sgt minim pengetahuan n informasi ttg penyakit ini..ibu sy divonis penyakit infeksi pangkreas akut baru skitar 4 bln yg lalu,n itu lgsg d rawat intensif n sempat d puasakan total (g bole mkn ato mnm) serta sempat masuk icu n dlakukan pembedahan 2x,yg pertama utk mengangkat serpihan batu empedu,namun gagal dilakukan krn ternyata pangkreasnya mengalami pembengkakan,padahal sudah dbedah d bagian perutnya..n itu sblmnya sdh dilakukan pemeriksaan MRI,CT Scan,ronsent,dll..n pembedahn ke2 (2 bln stlh bedah pertama) utk mengeluarkan cairan nanah dbagian pinggang kiri belakang,n ternyata selain nanah tim dokternya jg mengangkat cairan berwarna ungu..n hingga skrg kmi g tau cairan apa itu..stlh 3hari pasca operasi ibu dnyatakan kritis n paru2nya tenggelam.. Pertanyaan sy.. 1.apa itu infeksi pangkreas akut n apa penyebab utamanya (krn ibu sy org yg sgt selektif dlm mengkonsumsi mknn) 2.cairan yg berwarna ungu td apa? 3.apa penyebab adanya nanah dibagian blkg pinggang tsb yg di ikuti dg pembengkakan di area tsb? 4.apa penyebab paru2 bisa tenggelam yg dialami ibu (alhm) Pertanyaan sy ini bukan utk menjatuhkan pihak mana pun dok,hanya sebagai pelajaran utk lbh hati2 kdepannya n menambah pengetahuan saja..terimakasih sblmnya

 Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi KlikDokter.

Kami turut berduka atas kehilangan Anda, salam hangat kami untuk keluarga Anda. Kami akan mencoba menjawab pertanyaan Anda, semoga bermanfaat untuk pengetahuan Anda dan keluarga.

1. Pankreatitis akut merupakan peradangan akut yang terjadi di organ pankreas. Organ pankreas merupkan organ yang terletak di dalam perut. Pankreas merupakan organ yang sangat penting karena organ ini merupakan sumber produksi beberapa hormon untuk tubuh serta enzim-enzim penting untuk pencernaan. Oleh karena itu adanya masalah pada organ ini harus segera ditangai karena dapat berakibat kematian. Peradangan akut pankreas akut dapat disebabkan oleh banyak hal, namun paling sering disebabkan oleh batu dari kandung empedu, alkohol,beberapa jenis obat, dan infeksi. Mungkin batu empedu yang ada sudah ada dari lama, sehingga perlahan-lahan dapat menyebabkan peradangan pada pankreas. 

2. Cairan yang berwarna ungu atau kehijauan bisa merupakan carian kumpulan dari kandung empedu.

3. Tepatnya di bagian pinggang sebelah mana? Apakah diberi tahu ada nanah di organ mana? Nanah dan pembengkakan biasanya merupakan komplikasi dari infeksi atau peradangan pada pankreas. Bisa terbentuk abses (nanah) di dalam pankreas yang disebut dengan Abses Pankreas atau bisa juga terbentuk pseudokista pada pankreas. Pseudokista dapat berisi nanah yang terdiri dari sel-sel radang, bakteri, ataupun sel-sel pankreas yang mati. Kedua hal ini merupakan tahap lanjut dari peradangan pankreas.

4. Apakah Ibu Anda lama di ICU? Paru-paru yang tenggelam merupakan kondisi dimana di dalam paru-paru ada banyak air. Hal ini  disebabkan oleh karena infeks/peradangan yang berat sudah menggangu keadaan normal tubuh (merusak tubuh).  Pada infeksi berat terjadi salah satu komplikasi yang dapat terjadi adalah kegagalan organ seluruh tubuh (Multiple Organ Failure) jadi komplikasi paru-paru yang muncul tersebut kemungkinan besar disebabkan oleh infeksi berat dari pankreas yang akhirnya menganggu seluruh sirkulasi organ di tubuh. Pada akhirnya hal ini dapat menimbulkan kematian. 

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan. Semoga bermanfaat. 

Salam,

Tim Redaksi KlikDokter

0 Komentar

Belum ada komentar