Sukses

Sakit Pasca Cabut Gigi

19 Oct 2014, 13:29 WIB
Wanita, 29 tahun.
Dokter, bbrp minggu yang lalu saya sempat mencabut gigi untuk kepentingan pemasangan kawat gigi. Total ada 4 gigi yg dicabut. Gigi atas no.5, dan gigi bawah no.5. Bbrp hari ini, bekas cabut gigi atas saya yg sblh kiri sangat ngilu, apalagi kalau saya makan makanan yg panas/dingin. Padahal bekas cabut gigi yg lain tidak apa2. Ngilu nya sampai bikin sakit kepala dan sangat mengganggu. Sebagai informasi di tempat yg ngilu itu yg dicabut adalah gigi yg memang sudah rusak/bolong dan menurut info dokter gigi saya bolongnya sudah ke pulpa. Apa penyebab gusi bekas cabut gigi saya sakit? Dan apa obatnya? Mohon bantuannya. Terima kasih.
drg. Arni Maharani

Dijawab Oleh:

drg. Arni Maharani

Terima kasih atas pertanyaan Anda.

Rasa nyeri yang timbul setelah pencabutan gigi adalah hal yang wajar meskipun sudah beberapa hari berlalu. Yang harus diwaspadai adalah rasa sakit hebat yang terjadi sekitar 2-5 hari paska pencabutan, disertai bau tak sedap, dan pada lubang bekas pencabutan tampak kering dan terlihat tulang.

Jika Anda mengalami hal tersebut (disebut sebagai dry socket), segeralah berkonsultasi ke dokter gigi yang mencabut gigi Anda. Untuk mengurangi rasa tidak nyaman, Anda dapat berkumur dengan perlahan menggunakan air garam hangat. Penggunaan obat-obatan sebaiknya tidak dilakukan dengan sembarangan, dan sebetulnya obat yang Anda tanyakan tersebut memerlukan resep dokter. Apabila rasa nyeri tersebut sangat mrngganggu Anda, ada baiknya Anda kembali ke dokter gigi yang melakukan pencabutan agar luka bekas pencabutan dapat diperiksa dan dokter gigi Anda akan meresepkan obat jika perlu.

Demikian informasi yang dapat saya berikan, semoga bermanfaat.

Salam,

0 Komentar

Belum ada komentar