Sukses

Perubahan Suara

20 Oct 2014, 08:56 WIB
Pria, 27 tahun.
Salam hangat, Saya pria umur 27 tahun.sebelumnya, saya tidak tau pertanyaan saya ini masuk ke kategori apa Saya ingin bertanya, sepertinya suara saya tidak mengalami perubahan. Soalnya saya merasa demikian. Dan sekarang, didalam paduan suara yang saya ikuti pun, suara saya berbeda sendiri. Suara saya sangat kecil dan terdengar seperti anak kecil saja. Pertanyaannya, Apakah ada hormon atau apa yang bias mengecek apakah suara saya sudah mengalami perubahan apa belum? Soalnya saya minder sekali dengan jenis suara saya ini. Nb: saya mendengar dari salah satu teman paman kalau jenis suara di keluarga kami memang kecil, tapi saya merasa aneh saja. Terima kasih

Terima kasih atas pertanyaan Anda, 

Perubahan suara merupakan suatu proses yang terjadi biasanya pada masa pubertas. Perubahan suara ini dipengaruhi oleh beberapa hal seperti keadaan hormonal. Pengaruh dari hormon androgen dapat membuat perubahan anatomi yang membuat terjadinya perubahan suara.

Perubahan suara total biasanya dicapai 2 -3 tahun setelah masa pubertas. Bagaimana dengan kondisi tubuh Anda lainnya? Apakah terdapat pertumbuhan rambut seperti kumis, jenggot, atau rambut lainnya seperti rambut ketiak? Bila sudah terdapat tanda-tanda perkembangan pubertas maka kemungkinan besar kelainan Anda bukan disebabkan oleh gangguan hormon pertumbuhan. Memang kualitas suara orang dapat berbeda-beda. Mungkin saja jenis suara Anda ini merupakan hal yang normal, karena suara setiap orang pun dapat berbeda-beda. 

Bila hal ini sangat menggangu Anda coba lakukan pemeriksaan dahulu ke dokter THT untuk melihat apakah ada kelainan atau tidak dan untuk masalah pertumbuhan Anda dapat konsultasi ke dokter specialis andrologi. 

Demikian informasi yang kami dapat sampaikan, semoga bermanfaat.

Salam, 

0 Komentar

Belum ada komentar