Sukses

Penanganan Saraf Terjepit di Pergelangan Tangan

18 Oct 2014, 07:34 WIB
Wanita, 54 tahun.
Terima kasih atas penjelasannya dok. Kesemutan di tangan ibu saya sudah terjadi cukup lama, kurang lebih 1 tahun dan ibu saya sudah konsultasi ke dokter saraf. Menurut dokternya ada saraf ibu saya yang terjepit di bagian pergelangan tangan. Kemudian diberi vitamin saraf dan anti nyeri. Tapi efeknya tidak ada, hanya pada saat meminum obat anti nyeri rasa nyerinya hilang. Bagaimana menangani saraf yang terjepit? Terima Kasih.

Terima kasih atas pertanyaan Anda

Kami mengerti kekhawatiran yang Anda rasakan. Gangguan saraf terjepit di bagian pergelangan tangan dikenal dengan nama sindroma Carpal Tunel Syndrome. Carpal Tunnel Syndrome umumnya melibatkan rasa kesemutan dan nyeri pada jari terutama 3 jari bagian luar (kelingking, jari manis, jari tengah), atau rasa panas dan terbakar dari ibu jari sampai jari tengah. Terkadang penekanan saraf seluruhnya dapat menyebabkan seluruh pergelangan tangan merasa ksesemutan. Carpal Tunnel Syndrome terjadi karena penekanan saraf di pergelangan tangan akibat dari pembengkakan atau retensi cairan.

Kondisi ini umumnya terjadi di pagi hari karena adanya akumulasi cairan di malam hari,atau dapat juga  terjadi sepanjang hari. Carpal Tunnel Syndrome umumnya terjadi karena penimbunan cairan yang berlebihan di dalam tubuh. Untuk mengurangi cairan, batasilah asupan garam di dalam diet ibu Anda. Garam dapat menarik cairan lebih banyak di dalam tubuh. Terapi yang dilakukan antara lain:

·         Immobilisasi , splint

·         Obat penghilang Rasa Sakit

·         Suntikan anestesi lokal

·         Operasi ( bila pengobatan gagal dan keadaan berat / Otot mengecil ) .

 


Kami sarankan ibu Anda kembali melakukan konsultasi dengan dokter agar dapat dilakukan penanganan yang optimal.

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan. Semoga bermanfaat.

Salam,


Tim Redaksi Klikdokter

0 Komentar

Belum ada komentar