Sukses

Kesemutan pada Tangan Secara Berkala

16 Oct 2014, 20:50 WIB
Wanita, 54 tahun.
Dok, saya ingin bertanya bagaimana menghilangkan kesemutan di tangan yang terjadi secara berkala? Tangan ibu saya sering kesemutan, terutama di bagian bawah ibu jari dekat dengan pergelangan tangan kanan. Terkadang mengalami bengkak dan warnanya kebiruan. Kira-kira apa penyebabnya dan apa penyakit tersebut? Terima kasih.

Ibu/Saudari yang Terhormat,

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi KlikDokter.

Salam kami untuk Ibunda Anda tercinta!

Keluhan Ibu Anda adalah kesemutan di tangan secara berkala, terutama di bagian ibu jari dekat pergelangan tangan kanan. Terkadang bengkak dan warnanya kebiruan.

Sejak kapan keluhan ini terjadi? Apakah keluhan semakin memberat? Adakah pengobatan atau penanganan yang sudah dilakukan dan bagaimana hasilnya? 

Kesemutan merupakan keluhan yang pernah dialami oleh semua orang. Biasanya kesemutan terjadi saat tubuh terlalu lama diam, atau berada dalam suatu posisi tertentu, sehingga aliran darah ke daerah tersebut (misal ke arah tangan atau kaki anda) menjadi terhambat dan timbul keluhan kesemutan. Ini merupakan hal yang wajar terjadi. Keluhan tersebut akan berangsur-angsur menghilang dengan menggerak-gerakkan bagian tubuh yang kesemutan sehingga aliran darah kembali lancar ke daerah tersebut. Namun, jika kesemutan terjadi secara berkala, maka ada beberapa hal yang perlu diwaspadai.

Rasa kesemutan di tangan kemungkinan besar disebabkan oleh kelainan pada saraf pada tangan. Kelainan saraf ini dapat disebabkan oleh beberapa hal seperti:

  • proses penjepitan saraf di tangan,
  • proses degeneratif seperti peradangan pada tulang (entah artritis rheumatoid atau osteoarthritis) yang dapat menekan saraf,
  • penyakit yang menyebabkan kelainan pada saraf seperti kencing manis (diabetes melitus), tiroid, gangguan aliran darah, atau
  • kekurangan dari kadar elektrolit (zat-zat ion di dalam tubuh),
  • dapat juga disebabkan oleh infeksi, kelainan pada darah, tulang ataupun otot. 

Berbahaya atau tidaknya belum diketahui karena diperlukan pemeriksaan lanjutan untuk mengetahui penyebab kesemutan yang Ibu Anda alami. Jika keluhan memang mengganggu, kami sarankan Anda membawa Ibu Anda mengunjungi dokter untuk wawancara medis mendetil, pemeriksaan langsung dan juga pemeriksaan penunjang yang diperlukan lainnya seperti  misalnya pemeriksaan darah laboratorium, rontgen atau MRI bagian tangan. Dengan demikian, Ibu Anda dapat memperoleh penanganan segera.

Semoga Ibu Anda lekas sembuh! Salam kami untuk seluruh keluarga.

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan. Semoga bermanfaat. 

Salam sehat selalu,

Tim Redaksi KlikDokter

0 Komentar

Belum ada komentar