Sukses

Penyebab Bau Badan

19 Oct 2014, 21:45 WIB
Pria, 29 tahun.
siang dok, saya deddy (pria, 29 thn, 155 cm, 74 Kg). Saya mau tanya dok. apa bau badan bisa disebabkan kelainan paru-paru dan periksanya ke spesialis penyakit dalam bagian paru-paru juga ??? terima kasih banyak.

 


Bapak/Saudara yang Terhormat,

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi dari KlikDokter.

Masalah bau badan memang dapat menjadi masalah sendiri.

Untuk lebih memahami masalah bau badan, saya sertakan artikel yang berjudul: Mengatasi Bau Badan.

Pada umumnya, masalah paru tidak menyebabkan bau badan. Kecuali jika ada luka terbuka, nanah atau infeksi di bagian luar tubuh yang mengeluarkan bau menyengat sehingga menyebabkan badan menjadi ikut bau.

Bagaimana dengan Anda? Apakah terdapat masalah paru seperti yang sudah disebutkan di atas?

Bagaimana dengan produksi keringat tubuh Anda? Karena bau badan juga dipengaruhi oleh produksi keringat maka biasanya sulit untuk dihilangkan seluruhnya, namun dapat dikontrol dan dikurangi.

Keringat yang telah keluar kemudian akan teroksidasi dan terfermentasi oleh bakteri di permukaan kulit. Proses fermentasi oleh bakteri inilah yang membuat keringat menjadi berbau setelah keluar dari tubuh. Pada beberapa orang yang memiliki kandungan lemak yang lebih banyak di dalam keringatnya, terutama pada mereka dengan kegemukan, keringat yang keluar akan memiliki bau yang lebih menyengat dibandingkan orang yang kandungan lemak keringatnya tidak terlalu banyak atau normal.

Selain itu, terdapat beberapa faktor lain yang menyebabkan timbulnya bau badan yang menyengat :

  • Banyaknya daerah-daerah lembab pada tubuh (seperti ketiak, lipatan paha, lipat payudara, atau perut yang posisinya tersembunyi). Keringat yang keluar di daerah lembap lebih sulit kering sehingga akan terbendung dan menyebabkan bau badan.
  • Iklim yang lembap atau panasnya ibukota juga dapat mengakibatkan keringat menjadi lebih berbau.
  • Aktivitas/kejadian yang memicu keluarnya keringat yang lebih banyak daripada normal.

Bau badan juga dapat dikontrol dengan melakukan tips-tips yang disebutkan dalam artikel tersebut di atas secara teratur untuk mengatur produksi keringat. Stres juga dapat menambah produksi keringat sehingga pengendalian pikiran juga termasuk hal yang sangat penting. Cobalah untuk menggunakan produk anti-perspiran pada malam hari. Hindari makanan-makanan dengan bau yang tajam. Anda dapat mencoba mengkonsumsi beberapa makanan yang ada dalam artikel: Aneka Ramuan Penghilang Bau Badan.

Tetaplah bersemangat dalam menjaga kebersihan dan melakukan tips-tips di atas dengan rutin dan teratur. Jika memang kondisi keringat tubuh sangat mengganggu, Anda dapat mengunjungi dokter spesialis kulit dan kelamin. Dokter akan mendiskusikan dengan Anda pilihan terapi seperti suntik botox untuk melumpuhkan kelenjar keringat. 

Selamat mencoba dan semoga berhasil!

Demikian informasi kami sampaikan, semoga bermanfaat. 

Salam sehat selalu,

Tim Redaksi KlikDokter

0 Komentar

Belum ada komentar