Sukses

Penyebab Keluar Cairan Ingus

19 Oct 2014, 13:56 WIB
Pria, 22 tahun.
Dok, Saya Mau Tanya, 2 Hari Ini saya kalau menunduk ingus yang cair keluar tanpa sebab namun warna nya kuning kecoklatan atau merah muda. padahal sedang tidak flu dok. apakah karena panas dalam ataupun kecapean?

Bapak/Saudara yang Terhormat,

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi KlikDokter.

Kami memahami kekhawatiran Anda. Sebelum menjawab pertanyaan Anda, kami akan menyimpulkan terlebih dahulu keluhan yang Anda sampaikan. 

Keluhan Anda adalah keluarnya cairan ingus tanpa sebab berwarna kuning kecokelatan atau merah muda sejak 2 hari yang lalu.

Ada beberapa hal yang perlu diketahui mengenai keluhan Anda ini, yaitu:

  • Apakah sebelumnya pernah mengalami keluhan seperti ini?
  • Apakah jumlah ingus yang keluar sangat banyak?
  • Kapan keluhan muncul? Apakah di pagi hari, saat kepanasan, setelah lelah beraktivitas?
  • Apakah kemudian keluhan berhenti dengan sendirinya?
  • Apakah sebelumnya Anda menggosok atau memencet hidung, mengeluarkan ingus atau mengorek hidung?

Diperlukan informasi lebih lanjut untuk mengetahui gambaran lengkap keluhan Anda. Cairan ingus  sebenarnya merupakan lapisan pelindung permukaan organ, seperti hidung. Lapisan ini berfungsi secara normal untuk menjaga agar permukaan tetap lembap, tidak kering, dan mudah terluka. Selain itu, cairan ingus juga berguna untuk memperangkap berbagai kotoran seperti debu, kuman, dan bahan lainnya dalam udara sehingga udara yang masuk ke pernapasan tidak membahayakan saluran napas. Cairan ingus juga mengandung berbagai bahan penting seperti antibodi yang membantu tubuh untuk mengenali bakteri dan virus, enzim yang membantu untuk membunuh organisme berbahaya yang terperangkap dalam cairan ingus, dan bahan-bahan penting lainnya. Untuk itu, cairan ingus sebenarnya sangat berguna untuk tubuh dan jangan dianggap remeh.

Jika, produksi cairan ingus berlebihan, maka itu merupakan mekanisme tubuh untuk menghadapi sesuatu. Biasanya, beberapa hal yang menyebabkan produksi ingus berlebih dan adalah common cold (penyakit batuk pilek), alergi, atau kontak terhadap sesuatu yang mengiritasi permukaan hidung. Makanan pedas dan susu juga dapat memicu produksi cairan ingus karena refleks dalam tubuh.

Warna kuning kecokelatan atau merah muda dapat menjadi pertanda bahwa adanya perdarahan pada permukaan hidung. Jika tidak dalam jumlah banyak, maka hal tersebut tidak perlu terlalu dikhawatirkan. Adanya darah dalam cairan ingus, jika tidak telralu banyak biasanya menandakan adanya iritasi atau permukaan hidung yang terlalu kering. Menggosok atau memencet hidung, mengeluarkan ingus atau mengorek hidung dapat juga menjadi pemicu adanya darah dalam cairan ingus.

Karena begitu banyak kemungkinan yang dapat menyebabkan keluarnya cairan ingus, maka memang diperlukan informasi yang lebih mendetil dan pemeriksaan fisik. Jika keluhan tidak terlalu mengganggu, maka Anda tidak perlu terlalu khawatir. Kemungkinan, keluhan Anda muncul karena ada bahan yang mengiritasi permukaan hidung Anda, seperti panas yang berlebihan atau aroma tertentu. Jika keluhan berlanjut dan mengganggu, sebaiknya Anda segera mengunjungi dokter untuk wawancara medis dan pemeriksaan fisik yang lebih mendetil sehingga Anda dapat segera mendapatkan penanganan yang tepat.

Kami sertakan juga artikel berikut ini untuk tambahan informasi Anda:

Cara Membuang Ingus yang Benar

Membuang Ingus Terlalu Keras Sebabkan Sinusitis

Semoga keluhan Anda segera teratasi!

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan. Semoga bermanfaat.

Salam,

Tim Redaksi KlikDokter

0 Komentar

Belum ada komentar