Sukses

Pusing, Jantung Berdebar, Sesak Napas

17 Oct 2014, 07:50 WIB
Wanita, 19 tahun.
Malam dok..? Saya mau bertanya kenapa ya akhir akhir ini badan saya sering merasa lelah padahal saya tidak melakukan aktivitas yang berat,sering pusing setiap bngun tidur/duduk, jantung saya sering berdebar kencang, dan juga susah untuk bernafas. Mohon dok kasih solusinya sebenarnya saya ini kenapa.? Thanks

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi KlikDokter.

Rasa pusing atau pandangan gelap setelah bangun dari duduk atau tidur sering disebabkan oleh hipotensi ortostatik. Pada saat berdiri/duduk tiba-tiba darah akan secara mendadak turun ke bagian tubuh paling bawah (kaki) akibat gaya gravitasi.

Orang yang sehat setelah duduk atau berbaring kemudian berdiri dapat menyesuaikan dalam beberapa detik. Namun jika kondisi ini berlangsung lama atau hingga membuat orang pingsan meskipun sesaat, bisa jadi hal ini merupakan tanda-tanda adanya masalah yang lebih serius.

Penyebabnya adalah karena kekurangan cairan/dehidrasi, kurang olahraga, atau anemia. Penyebab lainnya adalah diabetes, gagal jantung, dan gangguan syaraf. Jika Anda sering merasa pusing dan lemas, perlu dicurigai anemia penyebabnya dan diperlukan pemeriksaan laboratorium untuk menilai kadar hemoglobin. Untuk mengurangi gejala tersebut, jangan berdiri/duduk tiba-tiba setelah tidur, bangunlah secara bertahap dan perlahan agar Anda tidak pusing, minumlah minimal 8 gelas/hari, olahraga teratur 3-4x/minggu selama minimal 30 menit setiap sesinya, dan konsumsi makanan yang kaya zat besi.
 

Sedangkan jantung berdebar memang dapat merupakan pertanda adanya masalah pada jantung. Namun selain itu, jantung berdebar juga dapat disebabkan oleh hal lain:

  1. Adanya serangan panik, rasa khawatir, takut, stres
  2. Latihan fisik yang terlalu berat
  3. Konsumsi kafein (kopi), nikotin (rokok), alkohol, obat flu
  4. Penyakit tiroid, kadar gula darah yang rendah, kurang darah (anemia), tekanan darah rendah, demam atau dehidrasi (kekurangan cairan)
  5. Perubahan hormon seperti selama menstruasi, kehamilan
  6. Obat-obat pelangsing, asma
  7. Suplemen herbal dan nutrisi tertentu
  8. Kadar elektrolit dalam darah yang tidak seimbang/normal
  9. Makanan tinggi karbohidrat, tinggi gula, tinggi lemak, tinggi  garam dan tinggi MSG.

Apakah satu atau lebih kondisi di atas sesuai dengan keadaan Anda saat ini?

Perlu diketahui bahwa perasaan yang dirasakan oleh seseorang mengenai ketidaknyamanan atau kesulitan dalam bernapas penyebabnya banyak sekali. Singkat kata, sesak napas dapat disebabkan oleh gangguan dalam sistem pernapasan (hidung, tenggorokan paru-paru) atau gangguan yang berasal dari luar paru-paru (jantung)

Tanda-tanda dari sesak napas dapat berupa : 

  • Peningkatan jumlah frekuensi napas (dewasa >20x/menit; anak >30x/menit; bayi>40x/menit)
  • Kebiruan pada sekitar bibir, ujung-ujung jari
  • Adanya suara napas tambahan seperti ngorok, serak, grok-grok, mengi

 Penyebab kegawat daruratan karena sesak napas dapat berupa : 

  • Asma : batuk, mengi
  • Infeksi paru (pneumonia) : batuk, panas, sesak napas
  • Alergi (pembengkakan pada tenggorok yang menyebabkan terjadinya sumbatan) : riwayat makan makanan yang menyebabkan alergi (seafood, kacang, telur, dll)
  • Sakit jantung (disertai nyeri dada)
  • Trauma dada (kecelakaan yang mengenai dada) : riwayat benturan keras di daerah dada, sesak napas, nyeri dada, ada kerusakan pada dada (patah tulang), perdarahan

Untuk mengetahui solusi berbagai macam keluhan yang Anda perlu dilakukan pemeriksaan fisik dan penunjang secara keseluruhan oleh Dokter agar tata laksana yang diberikan sesuai dengan faktor pemicu yang melandasi keluhan Anda.

Berikut kami sertakan artikel yang sekiranya bermanfaat bagi Anda:

Semoga informasi ini bermanfaat.

Salam,

Tim Redaksi KlikDokter

0 Komentar

Belum ada komentar