Sukses

Nyeri Perut Kiri Bawah

22 Sep 2014, 21:51 WIB
Pria, 22 tahun.
Pagi dok, saya mau tanya setiap subuh(jam 4an) Perut Kiri Bawah saya sakit, rasanya seperti melilit didalam perut saya. Sebulan lalu saya sudah pernah periksa ke RS, kata dokter saya terkena Infeksi Saluran Kemih, karna sakit perutnya dibarengi dengan urin berwarna merah kecoklatan. Yang ingin saya tanyakan: - Penyebab dari penyakit saya apa?(karna saat ini hanya sakit perut, urin berwarna normal) - Apakah ada obat agar bisa sembuh total?. terima kasih dok.

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi KlikDokter.

Begitu banyak penyebab yang dapat menimbulkan keluhan nyeri perut bawah. Posisi perut di kiri bawah terdiri dari kulit, otot, jaringan lemak dan penunjang, usus besar ataupun saluran kemih. Salah satu gangguan dari organ diatas dapat menyebabkan keluhan nyeri perut kiri bawah. Apabila nyeri tersebut berasal dari nyeri lain, misal: asalnya nyeri pinggang kiri yang menjalar ke perut kiri, maka ada kemungkinan terdapat gangguan pada saluran kemih. Apabila disertai dengan gangguan BAB maka terdapat masalah pada sistem pencernaan misalkan dapat terjadi IBS (Irritable Bowel Syndrome) atau Inflammatory Bowel Disease (IBD). Namun, penyakit ini baru dapat didiagnosis melalui pemeriksaan fisik dan pemeriksaan penunjang (X-ray tanpa kontras atau dengan kontras).

Mengingat sebelumnya Anda pernah mengalami infeksi saluran kencing, bukan tidak mungkin penyakit ini kembali datang atau bahkan ada sumbatan saluran kencing. Masing-masing memiliki gejala tambahan masing-masing yang lebih baik dikonfirmasi dengan pemeriksaan langsung oleh Dokter.

Bagaimana dengan aktivitas Anda sehari-hari? Apakah sakit perut bawah tersebut menjalar ke paha atau terpisah antara nyeri di perut bawah dengan di paha? Kapan saja nyeri dirasakan? Apa pemicu munculnya nyeri, adakah gerakan tertentu? Apakah Anda merasa panas saat  buang air kecil (BAK)? Adakah gangguan BAK lain (tidak lampias, terputus-putus, dan lain-lain)? Waspadalah, apabila tidak ditangani secara optimal, infeksi saluran kemih dapat berkembang menjadi batu.

Perbanyak konsumsi air putih Anda, hindari konsumsi teh dan kopi, jangan pernah menahan BAK dan jagalah kebersihan organ vital Anda agar terhindar dari infeksi saluran kemih berulang.

Mengingat keterbatasan kami dalam melakukan pemeriksaan fisik, akan lebih baik jika Anda berkonsultasi dengan Dokter Spesialis Penyakit Dalam sehingga dapat dilakukan pemeriksaan secara menyeluruh.

Semoga penjelasan ini bermanfaat.

Salam,

Tim Redaksi KlikDokter

0 Komentar

Belum ada komentar