Sukses

Infeksi Telinga dan Infeksi Saluran Kemih

19 Oct 2014, 04:04 WIB
Wanita, 32 tahun.
selamat siang, mau nanya donk dok. maaf nih agak jorok. kok kotoran telinga saya itu ga menggumpal or ga agak keras gitu ya? agak dikit cair or kental or apalah itu artinya pokoknya ga normal karna ga ada yg nempel kecotton bud hanya basah dan kuning aja gitu plus sering bgt gatal gitu. Dan 1 lg dok saya ada hasil pemeriksaan urine -WBC H 11,3 range 4,0-11,0 Lymph# H 4,7 range 0.8-4.0 Lymph% H 41,6% range 20.0-40.0 MCV H 96,4 range 82.0-95.0 MCHC L28.7 g/dl range 32.0-36.0 Dan pemeriksaan darah utk VDRL negative negative hematology BSR(1hour) 45 range 0-30 Urinalysis color yellow proteine 3+ Blood/hemoglobine 1+ itu hasil check lab saya yg ditandain dan yg tidak normal. tlg dibantu mengartikan nya ya dok. dan saya dikasih antibiotik ciprofloxasin 10 tablet dan antiseptik urotractin 400mg 20 tablet sama dokter karna katanya berdasarkan hasil lab ada sedikit infeksi disaluran kencing saya, dan memang didaerah vagina itu suka panas dulunya kl pake celana panjang dan bener2 ga nyaman udh gitu kalo kencing jg ga lancar dan dulu lumayan sakit dan panas, setelah dikasih obat sudah lumayan tapi msh terasa gatal divagina apalagi kl keputihan, dan didubur jg suka gatal dan kalo bernafas hawanya agak anget spt org sakit. tlg dok saya diksh jalan keluar, saya pengen bgt sehat tp dokter2 dibali sangat membingungkan saya,mereka seperti tdk benar2 memeriksa pasien. kayak asal2an aja. jd saya mohon dr keterangan utk hasil darah dan urine saya apakah kesimpulannya? dan utk keputihan dan ada semacam jerawat kecil di bagian dalam vagina obat apa yg harus saya minum. makasih dok. tlg jgn dipublish umum ya dok. balas via inbox aja. makasih byk

Terima kasih atas pertanyaan Anda.

Berdasarkan informasi yang Anda berikan, Anda mengalami congek, atau dalam dunia medis disebut OMSK (Otitis Media Supuratif Kronik). OMSK adalah infeksi kronik di telinga tengah dengan perforasi membran timpani dan sekret yang keluar dari telinga tengah terus-menerus atau hilang timbul. Sekret dapat encer atau kental, bening atau berupa nanah. 

Penyakit ini perlu segera ditangani dengan adekuat. Bila masih keluar cairan terus menerus maka perlu dilakukan pencucian telinga dan diberikan obat tetes telinga dan antibiotik minum. Sumber infeksi yang menyebabkan terjadinya OMSK harus terlebih dahulu ditangani dengan baik. Setelah cairan/sekret kering baru kemudian dapat dilakukan operasi miringoplasti atau timpanoplasti. Operasi ini bertujuan untuk mengehentikan infeksi secara permanen, memperbaiki membran timpani (gendang telinga) yang pecah/berlubang, memperbaiki pendengaran dan mencegah terjadinya kerusakan pendengaran yang lebih berat. Untuk kerusakan gendang telinga yang lebih ringan biasanya dikerjakan miringoplasti yang hanya memperbaiki gendang telinga saja. Sedangkan untuk kerusakan yang lebih berat perlu dilakukan operasi timpanoplasti yang juga dilakukan pada tulang-tulang pendengaran, dan tidak jarang perlu dilakukan beberapa tahap operasi. 

Kami sarankan, Anda mengunjungi dokter spesialis THT untuk terlebih dahulu dilakukan pemeriksaan terhadap derajat kerusakan gendang telinga yang saat ini terjadi pada telinga Anda dan juga untuk menuntaskan infeksi yang mungkin masih terjadi pada telinga Anda.

Untuk hasil pemeriksaan darah dan urin Anda kemungkinan besar memang ada infeksi pada saluran kemih. Namun dengan angka protein (+3) yang tinggi di urin Anda kemungkinan infeksi saluran kemihnya sudah naik keatas. Sebaiknya memang Anda tetap mengkonsumsi obat yang diberikan kepada Anda. 

Keputihan adalah cairan yang keluar dari vagina. Keputihan dapat timbul dari berbagai keadaan, yaitu secara normal/fisiologis dan secara patologis. Keputihan fisiologis adalah keputihan yang normal terjadi akibat perubahan hormonal, seperti saat menstruasi, stres, kehamilan, dan pemakaian kontrasepsi. Sedangkan keputihan patologis adalah keputihan yang timbul akibat kondisi medis tertentu dengan penyebab tersering adalah akibat infeksi parasit / jamur / bakteri.

Cairan vagina normal memiliki ciri-ciri antara lain warnanya putih jernih, bila menempel pada pakaian dalam warnanya kuning terang, konsistensi seperti lendir (encer-kental) tergantung siklus hormon, tidak berbau serta tidak menimbulkan keluhan.

Ketika cairan yang keluar dari vagina sudah mengalami perubahan warna (menjadi putih susu, keabuan, hingga kehijauan), berbau, banyak dan disertai keluhan lain (seperti gatal, panas, dll) menunjukkan bahwa telah terjadi keputihan abnormal yang umumnya disebabkan karena infeksi pada saluran reproduksi oleh berbagai kuman, jamur ataupun parasit. 

Keputihan abnormal maka perlu diobati karena dapat menyebabkan penyebaran infeksi ke organ dalam dan sebaiknya menghindari hubungan seksual terlebih dahulu. Selain itu lakukan beberapa tips berikut ini untuk mencegah keputihan:

  • Sering mengganti celana dalam apabila berkeringat atau lembab
  • Menghindari penggunaan celana ketat yang terbuat dari bahan yang tidak menyerap keringat
  • Apabila ingin menggunakan panty liner pilihlah yang tidak mengandung pengharum dan tidak digunakan selama lebih dari 4-6 jam
  • Menghindari penggunaan produk pembersih kemaluan yang dapat menyebabkan perubahan keasaman dan keseimbangan bakteri dalam liang kemaluan
  • Bila hendak membilas setelah buang air kecil, lakukanlah dengan arah dari depan ke belakang menggunakan handuk.

Jika keputihan yang dialami merupakan keputihan abnormal maka memerlukan pengobatan dengan antijamur / antibiotik / antiparasit sesuai dengan kuman penyebabnya. Pengobatan yang tidak tepat guna ataupun tidak tepat dosis alih-alih mengobati justru dapat menimbulkan kekebalan kuman penyebabnya.

Kami sarankan Anda untuk konsultasi ke Dokter Spesialis Kebidanan dan Kandungan untuk mendapatkan terapi yang sesuai.

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan. Semoga bermanfaat. 

Salam,

Tim Redaksi Klikdokter

0 Komentar

Belum ada komentar