Sukses

Konsumsi Susu Saat Hamil

20 Oct 2014, 02:47 WIB
Wanita, 25 tahun.
malam dok.. saat ini saya hamil 5 bulan dari dokter memberikan Inlacta dha for mom..dan sanvita B+ diminum 1 x sehari yang saya tanyakan saya terusin konsumsi susu hamil atau berhenti ya dok selama saya konsumsi vitamin diatas..makasih sebelumnya

Ibu/Saudari yang Terhormat.

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi KlikDokter.

Pertama-tama, Kami ucapkan selamat atas kehamilan Anda.

Wanita hamil harus mengonsumsi makanan bergizi lengkap (karbohidrat, protein, lemak, serat, vitamin dan mineral) dengan banyak variasi. Suplemen yang sudah diberikan oleh dokter harus tetap Anda konsumsi. Susu hamil merupakan asupan tambahan, dapat dikonsumsi untuk memberikan tambahan asupan nutrisi dan kalsium yang banyak diperlukan oleh Ibu hamil dan janinnya. Namun jika menu makanan Anda dalam sehari-hari sudah terpenuhi, susu hamil bisa Anda konsumsi sesekali. 

Pastikan Ibu hamil mendapatkan seluruh nutrisi yang diperlukan ya. Kurangnya asupan zat gizi saat hamil dapat mengganggu proses tumbuh kembang janin dalam kandungan. Setiap wanita hamil membutuhkan tambahan kalori sekitar 300 kalori/hari. Kalori tersebut digunakan untuk metabolisme tubuh ibu dan pertumbuhan serta perkembangan janin. 

Yang dibutuhkan oleh ibu hamil terutama adalah:

  • Karbohidrat.  Pada bulan pertama, ibu butuh kalori ekstra agar pertumbuhan janin pesat
  • Protein: Untuk memperbaiki sel-sel dan jaringan-jaringan tubuh yang rusak. Protein yang dibutuhkan oleh ibu hamil lebih banyak (10 gram lebih banyak). Protein bisa didapatkan dari makanan sehari-hari seperti tempe, tahu, telur, dan daging.
  • Asam folat: untuk mendukung tumbuh kembang janin dan mencegah terjadinya cacat bawaan. Sumber: bayam, tomat, jeruk, kol, selada.
  • Kalsium: berperan untuk pertumbuhan tulang dan gigi, bisa didapatkan dari susu, sayuran hijau, dan kacang-kacangan.
  • Zat besi: mencegah anemia pada ibu dan mendukung pembentukan sel darah merah pada janin. Biasanya ibu hamil diberikan suplemen zat besi, sumber utama zat besi dari makanan adalah sayuran hijau (bayam).

Berikut adalah beberapa informasi seputar kehamilan yang perlu Anda kethahui juga:

0 Komentar

Belum ada komentar