Sukses

Pengikatan Rahim: Bisa Hamil Lagi?

18 Oct 2014, 07:11 WIB
Wanita, 27 tahun.
Dok sye nk tny,klw rhim kta d ikat ap mesh BSA hml lg,,
dr. Nadia Octavia

Dijawab Oleh:

dr. Nadia Octavia

Terimakasih atas pertanyaan Anda.

Sebetulnya perlu diluruskan bahwa metode sterilisasi tersebut bukanlah dengan melakukan pengikatan rahim seperti yang Anda sebutkan. Sterilisasi kandungan atau dalam medis disebut tubektomi atau ligasi tuba adalah pemotongan dan pengikatan atau penyumbatan tuba falopii(saluran telur dari ovarium ke rahim) yang merupakan salah satu cara kontrasepsi berupa sterilisasi. 

 

Tubektomi memiliki risiko sangat kecil untuk terjadinya kehamilan kembali karena saluran tuba sudah tertutup dan kemungkinan pertemuan antara sel telur dan sel sperma sudah dicegah

Pada usia reproduksi atau masih adanya keinginan untuk memiliki anak lagi, disarankan untuk menggunakan kontrasepsi hormonal (pil, suntikan) atau barrier (kondom). Kontrasepsi alami dapat digunakan (coitus interuptus, pantang berkala) namun angka kegagalannya cukup besar. Pada mereka yang tidak ingin memiliki anak lagi, disarankan  untuk menggunakan kontrasepsi dalam jangka lama seperti mekanik (AKDR-spiral), susuk, dan kontrasepsi mantap (tubektomi, vasektomi). Mengingat usia Anda masih di bawah 30 tahun dan masih termasuk usia reproduksi, sebaiknya pilihlah jenis kontrasepsi jenis lain, kecuali saat ini Anda sudah memiliki banyak anak dan tidak ingin memiliki anak lagi.

Berikut kami sertakan pula beberapa artikel untuk Anda:

Demikian informasi kami sampaikan. Semoga bermanfaat. (NO)

Salam,

Tim Redaksi Klikdokter

0 Komentar

Belum ada komentar