Sukses

SPF pada Tabir Surya yang DIanjurkan

19 Oct 2014, 22:58 WIB
Wanita, 19 tahun.
Dok,tabir surya atau SPF itu terbuat dari apa sih dok,..? Dan,apakah pnggunaan tabir surya pda mlam hari itu bolh dianjurkan atau tidk dianjurkan..? Trus kta dianjurkan untk mnggunakn kosmtik yg ber SPF miniml 30,nah jika,jika kurg dri 30 berarti kn kurang dok untk mlindungi kulit,nah kalu spfnya trlalu tinggi brbhya atau justru bagus dok..? Trimakasih.. Mhion pnjelasannya :-)
dr. Nadia Octavia

Dijawab Oleh:

dr. Nadia Octavia

Terimakasih atas pertanyaan Anda.

Terdapat dua jenis sinar UV yang dapat membahayakan kulit: UVA dan UVB. Broad-spectrum sunscreen dapat melindungi Anda dari keduanya. Sinar UVA dapat mempercepat tanda-tanda penuaan pada kulit Anda seperti kerut dan bintik-bintik penuaan. Sedangkan sinar UVB dapat membuat kulit Anda terbakar. Tingginya paparan terhadap kedua sinar ini dapat berpotensi menjadi kanker kulit.

SPF atau sun protection factor adalah indikator seberapa baik sunscreen dapat memantulkan sinar UVB. Jadi SPF itu bukanlah bahan kandungan melainkan indikator. Secara teoritis, sunscreen yang terbaik memiliki kadar SPF yang paling tinggi. Namun hal tersebut adalah jika diaplikasikan dengan tepat.

Dibandingkan dengan Anda memilih sunscreen yang mengandung SPF tinggi, ada baiknya jika Anda memilih broad-spectrum sunscreen yang dapat melindungi Anda dari sinar UVA dan UVB. 

SPF yang dianjurkan digunakan untuk kulit asia dengan iklim tropis seperti Indonesia adalah minimal SPF 15. Dengan catatan, Anda adalah seseorang yang lebih banyak beraktivitas di dalam ruangan. Berbeda dengan Anda yang sering beraktivitas tinggi di luar ruangan. Misalkan seorang nelayan yang dari pagi hingga sore hari terus menerus berada di laut tanpa adanya pelindung dan terpapar sinar matahari langsung. Nah, seperti ini tentu tidak cukup bila hanya menggunakan tabir surya yang ber SPF 15. Tentu dibutuhkan SPF yang tinggi misalnya SPF 50. Hal tersebut tergantung dari seberapa lama Anda terpapar sinar matahari. Jika Anda menggunakan kosmetik yang sudah mengandung sunscreen seperti: pelembab, foundation atau lipstick, Anda dapat mengaplikasikan ulang kosmetik setiap 2 jam ketika sedang berada di luar ruangan.

Sebetulnya SPF yang terlalu tinggi tidak berbahaya bagi kulit. Suatu krim bisa dikatakan berbahaya bergantung dari kandungan krim atau tabir surya nya itu sendiri. Bukan ditentukan oleh kadar SPF nya.

Berikut kami sertakan pula beberapa artikel yang dapat bermanfaat untuk Anda:

Demikian penjelasan yang dapat kami berikan, semoga bermanfaat. (NO)

Salam,

Tim Redaksi KlikDokter 

0 Komentar

Belum ada komentar