Sukses

Bolehkah Berolahraga di Malam Hari

20 Oct 2014, 00:54 WIB
Pria, 18 tahun.
Dok ingin bertanya tentang olahraga, apakah olahraga pada saat malah hari itu tepat dilakukan ? saya masih kuliah jika saya joging di pagi hari takutnya akan membuat lemas dan ngantuk saat kuliah, dan jam kuliah saya rata rata dari jam 8-sore ataupun malam dok jika saya lakukan seperti joging dimalam hari ? apa itu aman dilakukan dok?
dr. Nadia Octavia

Dijawab Oleh:

dr. Nadia Octavia

Terimakasih atas pertanyaan Anda.

Sebetulnya tidak ada penentuan kapan waktu yang tepat untuk berolahraga. Namun jika Anda ingin berolahraga di malam hari, sebaiknya dilakukan maksimal 3 jam sebelum tidur. Karena berolahraga akan merangsang hormon dalam tubuh yang disebut dengan hormon endorfin serta akan meningkatkan denyut jantung Anda sehingga justru dapat membuat Anda sulit tidur. 

Justru dengan Anda berolahraga di pagi hari tidak akan membuat Anda lemas dan mengantuk, justru jika Anda berolahraga sebelum beraktivitas malah akan membuat Anda menjadi bersemangat. Yang sering salah dilakukan adalah seringkali setelah berolahraga Anda langsung makan yang manis-manis dan peningkatan kadar glukosa yang terlalu cepat dan kemudian menurun kembali dengan cepat dapat membuat Anda menjadi lemas dan mengantuk. Dan yang pasti sebelum berolahraga, janganlah lupa untuk melakukan pemanasan dan cooling down sesudahnya. 

Sebetulnya baik sekali jika Anda berolahraga setiap hari di pagi hari, terlebih jika Anda berolahraga di luar ruangan dan terkena matahari pagi, sangat baik untuk kulit dan tulang Anda. Karena matahari pagi (sebelum jam 9 pagi) sangat baik bagi tubuh.

Berikut kami sertakan pula beberapa artikel yang dapat bermanfaat untuk Anda:

5 Tips Memulai Berolahraga

Serba Serbi Olahraga

Hati-hati Memilih Jenis Olahraga!

Pembatasan Kalori Vs Olahraga

7 Mitos Keliru Olahraga

Variasi Olahraga dan Manfaatnya

Demikian informasi yang dapat kami berikan, semoga bermanfaat dan selamat memulai berolahraga! (NO)

Salam, 

Tim Redaksi KlikDokter

0 Komentar

Belum ada komentar