Sukses

Kulit Bayi Merah-merah

18 Sep 2014, 22:27 WIB
Pria, 31 tahun.
Dok anak saya umurnya 8 bulan kulitnya merah'' tp kata bidan gk apa'' cuma biang keringat tp kok lama gk sembuh'' pa ada alergi anak ku dok

 Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi klikdokter.

Kami mengerti kekhawatiran yang Anda rasakan. Namun penyakit kulit paling baik untuk didiagnosis berdasarkan pemeriksaan langsung karena begitu banyak penyakit kulit yang dapat menunjukkan gambaran serupa. 

Untuk saat ini, kemungkinan besar penyebab keluhan anak Anda anda  dermatitis atopik, perlu informasi lebih detail dan pemeriksaan fisik secara langsung untuk memastikannya. 

Dermatitis atopik adalah kelainan kulit yang sering terjadi pada bayi dan anak, yang biasa ditandai oleh rasa gatal, penyakit sering kambuh, dan distribusi lesi yang khas. Dermatitis atopik ini penyebabnya adalah multifaktorial, termasuk di antaranya faktor genetik, emosi, trauma, keringat, dan faktor imunologis.

Biasanya gejala dan tanda pada dermatitis atopik mulai timbul ketika usia 6 bulan, jarang sebelum usia 8 minggu. Umumnya dermatitis atopi sering mengalami kekambuhan, jarang sembuh 100%. Sebagian besar dermatitis atopi dapat sembuh dengan bertambahnya umur tetapi dapat juga menetap sampai usia dewasa.

Identifikasi faktor pencetus dan menghindarinya, termasuk alergen makanan dan inhalan .  Antihistamin sedatif diberikan untuk menghilangkan rasa gatal di malam hari, tetapi bila terdapat gejala saluran napas atau urtikaria konkomitan dapat digunakan antihistamin non sedatif

Antibiotik diberikan bila terdapat infeksi sekunder. Mencegah kekeringan kulit dengan menjaga hidrasi dan pemakaian emolien, hindari pemakaian sabun yang bersifat basa .

Pada kasus yang berat, pemberian kortikosteroid lokal secara sistemik dapat diberikan, namun harus diperhatikan efek sampingnya dan diberikan jangka pendek (4 hari).

Kulit merupakan salah satu bentuk pertahanan tubuh terhadap infeksi. Seorang dengan alergi memiliki kulit kering sehingga cenderung lebih rentan terhadap infeksi. Yang dapat Anda lakukan adalah:

  • Pilih sabun bayi yang mengandung banyak moisturizer
  • Gunakan pelembab pada tangan 
  • Hindari penggunaan sabun mandi yang mengandung antiseptik karena akan membuat kulit semakin kering
  • Jagalah daerah yang gatal dari garukan atau gesekan
  • Biasakan untuk menggunakan pakaian yang dapat menutupi lengan dan tungkainya dan gunakan pakaian yang menyerap keringat. Hindari pakaian yang memicu gatal seperti bahan wool.

Bagaimanapun, hal ini masih merupakan kemungkinan  yang harus dibuktikan melalui pemeriksaan langsung oleh dokter. Untuk itu, kami sarankan sebaiknya Anda segera memeriksakan ke dokter spesialis kulit dan kelamin untuk diagnosis dan terapi lebih lanjut. 

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan. Semoga bermanfaat.

Salam,

Tim Redaksi Klikdokter

 

 

 

0 Komentar

Belum ada komentar