Sukses

Efek KB Suntik 3 Bulan

18 Sep 2014, 22:51 WIB
Wanita, 25 tahun.
Dok sy mau tanya. Stelah suntik kb 3 bulan sya haid udah 20 hari dan masih berlangsung sampai skrg. 3 hari prtma cm flek kemudian lancar dan sekarag tinggal sedikit2. Itu kenapa ya dok apa efek suntik kb. Tolong djawab ya dok . Terima kasih

 Terima kasih atas pertanyaan Anda

Kami mengerti kekhawatiran yang Anda rasakan. KB hormonal (termasuk suntik KB 3 bulan) memang dapat menyebabkan gangguan dari menstruasi. Biasanya pada penggunaan awal (3 bulan pertama) dapat terjadi perdarahan yang tidak teratur, beberapa efek lain seperti  lapisan dari lendir rahim menjadi tipis sehingga haid sedikit, bercak atau tidak haid sama sekali, perdarahan tidak menentu pada beberapa bulan pertama.

Lama-kelamaan menstruasi bisa tidak dapat sama sekali. Hal ini sering dialami oleh wanita yang menggunakan kontrasepsi suntik KB 3 bulan. Umumnya bila menggunakan suntik KB 3 bulan maka pengembalian kesuburan dan menstruasi normal kembali setelah penghentian 5-7bulan. 

Bila Anda ingin memastikannya, dapat konsultasi langsung ke dokter spesialis kebidanan kandungan dan dilakukan pemeriksaan USG kandungan (jika diperlukan) untuk melihat apakah terdapat gangguan organ kandungan.

 

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan. Semoga bermanfaat. 

 

Salam,

 

 

 

Tim Redaksi Klikdokter


 

    0 Komentar

    Belum ada komentar