Sukses

Urin Berwarna Merah & Nyeri BAK

19 Oct 2014, 19:17 WIB
Pria, 31 tahun.
Dokter semalem saya mengalami awalnya seperti anyang2an... Mules sekitar perut kiri dan penis. Saya buang air kecil sedikit sekali warna merah dan sangat sulit sampai berkeringat. Perut bagian kiri terasa melilit dan keram semalam itu sampai pukul 3 subuh baru mendingan. Setelah saran dari temen untuk angkat kaki kandan ke meja dan sambil tiduran dan kaki kiri di tekut kedada sambil jempol kaki kiri diiket sm karet. Tp pagi ini saya masih mengalami perih dikit diperut sebelah kiri. Perut semalam terasa kembung tp tidak buang angin. Saya banyakin minum air putih dok. Terima kasih banyak perhatian dan sarannya dokter. Wassalam

Terima kasih atas pertanyaan Anda

Kami mengerti kekhawatiran yang Anda rasakan. Air kencing yang berwarna merah dapat disebabkan karena beberapa hal, diantaranya adalah adanya kandungan darah dalam kencing, atau kandungan kimia lain dari obat-obatan yang dapat mengubah warna air kencing menjadi merah.

Sudahkah melakukan pemeriksaan air kencing (urinalisis)? Jika dari hasil pemeriksaan ditemukan sel darah merah, berarti terdapat kondisi yang menyebabkan darah dapat keluar dalam kencing. Hal-hal yang dapat menyebabkan kondisi ini berupa:

  • Infeksi saluran kencing. Dalam infeksi pada umumnya terdapat demam dan nyeri saat kencing.
  • Infeksi ginjal. Sama halnya dengan infeksi saluran kencing, infeksi pada umumnya akan disertai demam.
  • Batu ginjal atau saluran kencing. Terkadang batu ginjal atau saluran kencing dapat sangat kecil sehingga meskipun menyebabkan perlukaan tetapi tidak ada gejala nyeri sesudah batu tersebut keluar.
  • Anemia sel sabit. Anemia sel sabit pada umumnya akan terdeteksi dengan tes darah. Kondisi ini pun sifatnya herediter.
  • Trauma ginjal. Trauma berupa cedera atau kecelakaan yang mencederai ginjal dapat menyebabkan darah keluar dalam urin.
  • Obat-obatan. Obat-obatan seperti aspirin apabila dikonsumsi berlebihan dapat menyebabkan perlukaan lambung dan menyebabkan darah keluar dalam urin atau obat tuberkulosis.
  • Olahraga berat. Olahraga dengan intensitas berat dapat menyebabkan rhabdomiolisis dimana serabut otot mengalami stres berat sehingga menyebabkan sel darah merah keluar dalam urin.

Jika memang warna air kencing Anda benar-benar berwarna merah, sebaiknya segera periksakan ke dokter spesialis urologi untuk dilakukan pemeriksaan dan terapi lebih lanjut. Untuk sementara Anda dapat meneruskan perbanyak minum air putih.

Demikian jawaban yang dapat kami berikan, semoga bermanfaat. 

Salam,


Tim Redaksi Klikdokter

0 Komentar

Belum ada komentar