Sukses

Buah Nanas Untuk Kehamilan

17 Sep 2014, 15:35 WIB
Pria, 23 tahun.
Selamat malam dok. Saya mau bertanya secara langsung saja. Apakah benar kalau ibu hamil makan buah nanas akan terjadi keguguran terhadap janinnya?

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Klikdokter

Tidak ada jenis buah-buahan yang dilarang di dalam kehamilan. Mitos mengatakan bahwa nanas dapat berbahaya dalam kehamilan. Namun sampai saat ini belum ada penelitian yang dapat membuktikannya.

Nanas memang mengandung bromelaine yang apabila dikonsumsi dalam jumlah besar, bromelaine dapat meningkatkan kontraksi dinding rahim dan menyebabkan keguguran, terutama pada 3 bulan pertama kehamilan. Nanas juga sangat asam, teruatama pada wanita hamil terkadang dapat semakin memicu asam lambung sehingga dapat muncul mual atau muntah.

Namun, disamping potensi risiko yang ada jika dikonsumsi berlebihan, dalam kadar tertentu bromelaine dapat memberikan manfaat kesehatan bagi tubuh, antara lain:

- penyakit jantung (angina)
- penyakit saluran napas (pneumonia, bronkitis)
- infeksi bakteri
- selulitis
- peradangan
- sinusitis
- nyeri haid
- untuk meregulasi siklus haid
- trauma
- dsb...

Belum ada penelitian yang membuktikan efeknya terhadap kehamilan bila dikonsumsi dalam jumlah sedang. Namun seperti yang anda katakan sebelumnya, bila dikonsumsi dalam jumlah besar, bromelaine dapat meningkatkan kontraksi dinding rahim dan menyebabkan keguguran, terutama pada 3 bulan pertama kehamilan. Dan memang benar bahwa nanas mengandung banyak vitamin C. Setiap dua potong nanas mengandung kurang lebih 100 mg vitamin C (dosis maksimal vitamin C yang biasa digunakan tidak melebihi 1000 mg setiap harinya).

Informasi tambahan lainnya mengenai hubungan nanas dan kehamilan:

Apakah Nanas Dapat Menyebabkan Keguguran?

 

 

Pada dasarnya, konsumsi buah jenis apapun tidak ada larangannya dalam kehamilan asalkan tidak berlebihan dan sesuai kebutuhan.

Kami sertakan beberapa artikel yang mungkin bermanfaat untuk Anda:

Makanan Wajib Untuk Ibu Hamil

Makanan Selama Kehamilan

Nutrisi Kehamilan

Dari penjelasan di atas, konsumsi nanas dalam jumlah sedikit mungkin masih dapat dianjurkan selama kehamilan, namun akan lebih baik bila anda menghindarinya sama sekali mengingat efek samping bromelaine terhadap kontraksi rahim. Selain belum ada penelitian yang mendukung, kebutuhan vitamin C ibu hamil masih bisa didapatkan dari buah-buahan lain atau suplemen. Diskusikan hal ini terlebih dahulu dengan dokter spesialis kebidanan dan kandungan yang merawat.

Demikian informasi kami sampaikan, semoga bermanfaat.

Salam

0 Komentar

Belum ada komentar