Sukses

Mengatasi Varises

17 Oct 2014, 14:15 WIB
Pria, 26 tahun.
Selamat pagi dok,..sy mau tanya bagaimana cara menghikangkan varises di kaki?terimakasih

Bapak/Saudara yang Terhormat.

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi KlikDokter.

Varises adalah pembuluh darah yang membesar, berkelok-kelok, berwarna kebiruan yang akan tampak jelas pada betis. Pada dasarnya varises berhubungan dengan pembuluh balik (vena). Varises lebih sering terjadi di kaki karena pengaruh gaya gravitasi bumi. Pada saat berdiri, aliran darah cenderung mengalir kuat ke bawah akibat gravitasi, sedangkan pembuluh darah vena mengalir sebaliknya, dari kaki ke jantung. Sebenarnya pembuluh vena tidak memiliki cukup kemampuan untuk mendorong darah kembali ke atas, tapi vena mempunyai kelebihan yaitu memiliki katup.

Katup yang seharusnya menahan aliran darah, tidak berfungsi sebagaimana mestinya. Akibatnya, darah yang mengalir menuju jantung akan kembali lagi ke seluruh tubuh. Darah yang mengalir ke jantung hanya sekitar 70-90 persen, dan sisanya akan mengumpul, sehingga terjadi penurunan atau hilangnya elastisitas dinding vena. Vena jadi melebar dan berkelok-kelok. Penyebab terjadinya varises sampai sekarang belum diketahui.

Penanganannya bervariasi bergantung dari tingkat keparahannya, mulai dari olahraga, penggunaan bebat/stocking hingg pembedahan. Untuk informasi Anda yang lebih lengkap, kami sertakan artikel Varises yang menerangkan mengenai berbagai alternatif pilihan penanganan sesuai dengan tingkat keparahan.

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan. Semoga bermanfaat. 

Salam,

Tim Redaksi KlikDokter

0 Komentar

Belum ada komentar