Sukses

Penyebab Nyeri Ulu Hati

20 Oct 2014, 10:54 WIB
Pria, 32 tahun.
Selamat Pagi, dokter. Sudah 1 bulan terakhir ini saya mengalami nyeri di bagian ulu hati hingga menimbulkan bengkak/ benjolan presis dibawah ulu hati. Jika di bagian tengah ulu hati ditekan terasa sakit hingga tembus di bagian punggung atas dan bawah. Di bagian pinggang kanan dan kiri juga terkadang terasa sakit. Tensi saya, 160/110 slalu tinggi sejak usia sekitar 20an dan tidak pernah diberi obat penurun tensi oleh dokter, baru minum obat tensi sekitar usia 30an. Hasil laboratorium: Tgl 8/9/2014 FAAL GINJAL S. Creatinin hasil 1,26 mg/dl Glukosa Puasa hasil 108 mg/dl Hasil USG abdomen: Semuanya negatif, tapi ada yg positif seperti dibawah ini - Ginjal Dekstra: dgn Doppler vaskularisasi (+) RI=0,52 PI= 0,6 (normal) - Ginjal Sinistra: dgn Doppler vaskularisasi (+) RI=0,92 PI= 1,67 (meningkat) Kesimpulan: - Fatty Liver, moderate - Nefritis sinistra Hasil EKG: hasil baik Yang ingin, saya tanyakan adalah penyakit saya ini apa? Dan sudah tahap mana penyakit saya ini? (awal, tengah, berat). Dan apa yg perlu saya lakukan untuk kesembuhan penyakit saya ini selain ke dokter spesialis penyakit dalam. Atas perhatian saya ucapkan banyak terimakasih.

Terimakasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Klikdokter.

Kami mengerti kekhawatiran yang Anda rasakan. Begitu banyak penyebab yang dapat menimbulkan keluhan nyeri ulu hati. Namun melihat cerita yang Anda paparkan, bisa saja keluhan Anda berkaitan dengan organ lambung. Seorang dengan keluhan lambung akan mengeluh perasaan nyeri ulu hati setelah makan, adanya panas pada ulu hati dan perut kembung. Namun umumnya penyakit maag tidak menyebabkan adanya benjolan pada ulu hati. Sehingga kami menyarankan untuk melakukan pemeriksaan lebih lanjut ke dokter untuk menyingkirkan berbagai kemungkinan seperti sakit dari hati dan saluran biliar.

Ada baiknya pemeriksaan lab yang Anda lampirkan disertai dengan pemeriksaan langsung oleh dokter. Karena  bisa saja hasil lab tidak memiliki makna klinis jika tidak dijumpai kelainan pada pemeriksaan fisik. Namun, dari hasil pemeriksaan Anda, dijumpai kadar lemak yang meningkat pada hati Anda. Penyebab hal ini biasanya adalah kelainan metabolik seperti diabetes, konsumsi alkohol berlebih atau adanya gangguan metabolisme lemak. Lanhkah awal untuk menanganinya adalah dengan perubahan pola hidup, kurangi makanan berlemak, konsumsi buah dan sayuran, lakukan olah raga teratur. Jika perubahan pola hidup tidak berhasil, maka pengobatan dapat dipertimbangkan.

Mengingat keterbatasan kami dalam melakukan pemeriksaan fisik, akan lebih baik jika Anda berkonsultasi dengan dokter spesialis penyakit dalam sehingga dapat dilakukan pemeriksaan fisik. Berikut kami lampirkan artikel sebagai tambahan informasi untuk Anda:

Demikian informasi yang dapat kami berikan, semoga bermanfaat dan Anda lekas sembuh.

Salam,


Tim Redaksi Klikdokter

0 Komentar

Belum ada komentar