Sukses

Solusi Kerusakan Gigi

19 Oct 2014, 04:08 WIB
Wanita, 20 tahun.
Dok, saya ada masalah gigi. Gigi saya sebelah kanan bagian baris atas dan bawaj nya sudah sangat rusak. Kalo yang bagian atas ada 1 gigi yg bolong dan rasanya sakit, tpi yg lainnya tidak. Sedangkan gigi bagian bawah saya juga semuanya rusak tp tidak menimbulkan nyeri. Rusaknya susah sangat parah dok. Apa ya solusinya ?? Apakah harus saya cabut semua gigi yg nolong dan menambal gigi yg sebagiannya ? Tapi dok karena gigi saya di bgian depan ( 1 gigi taring ) itu gingsul, jd saua berniat untuk memakai behel gigi biar rapi. Tapi kan kondisi gigi bgian knan saya semuanya rusak( atas dan bwahnya). Jd lngkah apa saja yg harus saya ambil dok ?? Mohon solusinya.
drg. Arni Maharani

Dijawab Oleh:

drg. Arni Maharani

Terima kasih atas pertanyaan Anda.

Saya turut prihatin atas kondisi yang Anda alami. Kerusakan gigi yang Anda maksud saya asumsikan adalah gigi yang berlubang, dan pada prinsipnya gigi yang berlubang harus dilakukan perawatan serta jangan dibiarkan, apalagi ditunggu sampai ada keluhan atau rasa sakit. Perawatan pada gigi berlubang dilakukan tergantung dari kondisi lubang pada gigi itu sendiri seperti kedalam, letak, luasnya lubang serta gigi mana yang mengalami lubang tersebut dapat dilakukan dengan penambalan atau perawatan lainnya. Pada gigi yang berlubang dimana keadaannya sudah tidak memungkinkan dilakukan perawatan guna mempertahankan keberadaan dan fungsi gigi tersebut didalam rongga mulut maka pilihannya adalah pencabutan.

Resiko dari pembiaran gigi yang telah mengalami gangguan atau lubang adalah lubang dapat bertambah dalam dan gigi kemudian menjadi mati/nonvital. Selanjutnya bilamana gigi yang telah nonvital ini tetap dibiarkan maka dapat menimbulkan infeksi dan tempat masuknya kuman kedalam tubuh. Sebaiknya periksakan keadaan Anda ke dokter gigi, sehingga dapat dilakukan perawatan yang tepat, baik itu penambalan maupun pencabutan, dimana tindakan tersebut dapat ditetapak setelah dilakukan pemeriksaan secara langsung.

Berikut beberapa artikel yang dapat Anda baca

Gigi Berlubang: Cabut atau Rawat?

Gigi Palsu Solusi Gigi Ompong

Penyebab Gigi Berlubang?

Cara Menyikat Gigi dan Kebiasaan Makan Picu Gigi Berlubang

Demikian informasi yang dapat kami berikan, smeoga bermanfaat.

Salam,

0 Komentar

Belum ada komentar