Sukses

Kotoran Mata Berlebih dan Bengkak

19 Oct 2014, 21:28 WIB
Wanita, 2 tahun.
Halo Dokter, Tadi pagi anak saya bangun dengan mata kanan tidak bisa dibuka karena ketutupan tahi mata yg cukup banyak, untuk mengatasi hal ini saya seka dengan tissu yang dibasahi. Seharian ini frekwensi keluarnya tahi mata cukup tinggi, menjelang sore hari intensitas keluarnya tahi mata semakin meningkat. sore ini mata anak saya kelihatan membengkak. Apa tindakan yang dapat saya lakukan mengatasi hal ini. Terima kasih.

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi KlikDokter.

Mata kotor atau belekan (mengeluarkan sekret) seperti yang anak Anda alami dapat merupakan salah satu gejala dari kelainan konjungtiva mata atau juga saluran air mata. Apabila sekretnya cair maka kemungkinan disebabkan oleh virus atau alergi, bila sekret purulen atau berwarna kekuningan maka disebabkan oleh bakteri, apabila sekret serosa (tidak terlalu  kental) maka disebabkan oleh adenovirus. Dan apabila sekret lengket dan memanjang bila ditarik serta disertai rasa gatal maka kemungkinan disebabkan oleh alergi atau vernal.

Penanganan mata yang kotor pada mata (belekan) akan disesuaikan dengan penyebabnya. Maka, kami sarankan anak Anda mengunjungi dokter untuk pemeriksaan secara langsung untuk diagnosis tepat dan penanganan segera. Bersihkan mata anak Anda terutama pagi hari dengan kapas yang dibasahi dengan air hangat, lakukan pemijatan lembut pada sekitar pangkal mata dekat pangkal hidung dan hindari menyentuh mata dengan tangan kotor .

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan. Semoga bermanfaat.

Salam,

Tim Redaksi KlikDokter


0 Komentar

Belum ada komentar