Sukses

Gangguan Percaya Diri

20 Oct 2014, 02:34 WIB
Pria, 22 tahun.
takmalam dok,, sy mau nanya. kenapa sy sangat pemalu dan mudah down. mudah tdk semangat. dan kalo mengerjakan sesuatu jarang sampai finish. dan kenapa sy slalu takut utk mencoba hal yg sprti org lain lakukan. cth sj q pngen pergi ke pasar tp dlm pikrn sy tkt dan malu brtmu bnyk org. gak Prcya diri dan sll hrz di temani. dr kecil hngga sklah smpe llus Sma trmsuk ank yg dipingit org tua, mw ini it hrus cmpur tangan org tua. adanya saling bertentangan. dan sampe skrgpudm bgtu. apa ad hubgn.y dg kejiwaan sy dok. sy gak bsa mandiri dan konsisten. ap yg hrus sy lakukan dok. kdang sy smpe stres krn sy pngen sprti org lain. yg bebas mengekspresikan apapun yg mereka mau. sy hrus gmn dok

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi KlikDokter.

Pertama perlu kami katakan bahwa Anda harus bersemangat dalam hidup ini, cobalah lihat berbagai aspek positif dalam kehidupan Anda. Banyak individu yang merindukan belaian kasih sayang orangtua, dan bersyukurlah bahwa Anda termasuk salah satu yang beruntung merasakannya. Bicarakan isi hati Anda dengan orangtua, bahwa Anda ingin mengekspresikan diri, lawan rasa takut yang Anda rasakan dan cegahlah agar diri Anda tidak jatuh ke dalam depresi.

Depresi adalah suatu keadaan umum dimana terjadinya pengurangan atau penurunan keadaan emosi dan  mood dari seorang yang mengakibatkan gangguan di dalam aktivitasnya sehari-hari atau hilangnya fungsinya sebagai individu. Dasar umum untuk gangguan depresif tidak diketahui. Faktor penyebab dapat dibagi menjadi faktor biologis, faktor keturunan dan faktor psikososial, ketiga faktor tersebut dapat berdiri sendiri-sendiri maupun saling terkait yang menjadi penyebab dari gangguan bipolar/depresi.

GEJALA DAN TANDA 

  • Terdapat 5 (lima) atau lebih gejala yang ditemukan di bawah ini selama periode dua minggu yang sama dan mewakili perubahan dari fungsinya sebagai individu sebelumnya ( dari 5 gejala yang ada minimal ada salah satu gejala mood depresi atau hilangnya minat atau bahagia)
  • Mood depresi hampir sepanjang hari, setiap hari ( merasa atau tampak sedih atau kosong) PS: pada anak-anak atau remaja dapat bermanifestasi sebagai mood yang mudah tersinggung.
  • Hilangnya minat atau keseangan yang jelas pada semua aspek atau hampir semua aspek sepanjang hari hampir setiap hari.
  • Penurunan berat badan yang bermakna, tetapi individu yang bersangkutan tidak melakukan diet atau olahraga yang rutin.
  • Insomnia atau hipersomniat tiap harinya.
  • Agitasi atau redartasi psikomotor (aktivitas atau gerakan motorik )
  • Kelelahan atau hilangnya energi tiap hari
  • Perasaan tidak berharga atau perasaan bersalah  yang berlebihan atau tidak tepat.
  • Hilangnya kemampuan untuk berpikir atau memutuskan sesuatu.
  • Pikiran akan kematian yang berulang.
  • Gejala menyebabkan penderitaan yang bermakna secara klinis atau gangguan dalam fungsi social, pekerjaan atau fungsi penting lainnya.
  • Gejala bukan efek psikologis langsung dari obat
  • Gejala tidak lebih baik diterangkan oleh dukacita yaitu setelah kehilangan orang yang dicintai, gejala menetap lebih dari dua bulan atau diikuti oleh gangguan lainnya.

Apabila mediasi dengan orangtua dirasa tidak memungkinkan atau Anda mengalami satu atau lebih gejala di atas, kami sarankan Anda berkonsultasi dengan psikolog atau Dokter Spesialis Psikiatri. Sementara itu, cobalah untuk dekatkan diri dengan Tuhan dengan perbanyak doa.

Demikian informasi yang dapat kami berikan, semoga bermanfaat.

Salam,

Tim Redaksi KlikDokter

0 Komentar

Belum ada komentar