Sukses

Air Liur Berdarah dan Bau Mulut

18 Oct 2014, 10:33 WIB
Pria, 34 tahun.
Siang dok.. Saya mau nanya soal bau mulut Saya klo bngun pagi air liurnya kok ada darah ya dok trus bau pdahal dah skat gigi 2x shri Trus klo dah hbis mkan 2 jam kmudian dah bau mlut ma lidah rasa kasar ma ga enak rasanya. Gigi saya yg geraham atas kiri bekas d tambal Tq seblumnya dok. Mhon bantuannya
drg. Arni Maharani

Dijawab Oleh:

drg. Arni Maharani

Terima kasih atas pertanyaan Anda.

Perdarahan dalam rongga mulut dapat disebabkan atau terkait berbagai macam keadaan.  Darah yang bercampur dengan air liur Anda dapat saja berasal dari gusi yang sedang mengalami peradangan atau terkait juga dengan beberapa penyakit sistemik (penyakit yang dampaknya ke seluruh tubuh, seperti misalnya diabetes atau kelainan darah) yang dapat memicu timbulnya perdarahan pada mulut.

Ada beberapa kemungkinan yang dapat dikaitkan sebagai penyebab peradangan gusi, yang paling umum adalah kebersihan gigi yang buruk ditandai dengan banyaknya plak (kotoran gigi) dan kalkulus (karang gigi). Plak dan kalkulus menjadi tempat pertumbuhan bakteri yang menyebabkan radang gusi, bahkan dapat berkembang menjadi infeksi/penyakit gusi dan pendukung gigi (disebut penyakit periodontal). Gusi yang meradang ditandai dengan berwarna kemerahan, bengkak dan mudah berdarah.

Kemungkinan lainnya adalah adanya gigi berlubang (karies), yang tidak dirawat sehingga infeksi berlanjut ke bawah gigi (gusi dan tulang) dan mengakibatkan timbulnya abses yang berisi nanah dan terkadang dapat juga keluar darah. Perlu pemeriksaan lebih lanjut apakah memang betul sumber perdarahan berasal dari gusi, dan apa penyebab yang pasti dari perdarahan tersebut. Setelah itu baru dapat ditentukan perawatan apa yang harus dilakukan. Oleh sebab itu saya sarankan Anda memeriksakan diri secara langsung ke dokter gigi.

Penyebab timbulnya bau mulut atau halitosis disebabkan oleh beberapa faktor baik yang berasal dari dalam tubuh (intrinsik) maupun yang berasal dari luar tubuh (ekstrinsik), yaitu:

  • Kebersihan mulut yang buruk, sehingga jumlah bakteri sangat banyak dalam mulut dan di permukaan lidah. Tanpa pembersihan mulut yang baik, sisa makanan akan tertinggal dalam mulut dan menjadi lingkungan yang cocok untuk bakteri berkembang biak yang akan menyebabkan bau pada mulut. Selain itu, sisa makanan yang menempel pada gigi, gusi, dan lidah akan menyebabkan gingivitis (radang gusi) dan gigi berlubang, sehingga akan meningkatkan bau mulut dan rasa yang tidak enak di dalam mulut.
 
  • Pembersihan gigi tiruan yang kurang baik .
  • Gigi tiruan yang tidak dibersihkan dengan baik menyebabkan penumpukan sisa makanan dan bakteri pada permukaan gigi tiruan sehingga menimbulkan bau yang tidak sedap.

  • Penyakit gusi atau jaringan periodontal (jaringan penyangga gigi).
  • Penyakit sistemik. Bau mulut dapat merupakan salah satu gejala dari penyakit tertentu, misalnya infeksi saluran pernapasan, gangguan pencernaan, diabetes, atau kelainan pada hati.
  • Xerostomia (mulut kering).
  • Pemakaian beberapa obat-obatan tertentu dapat menyebabkan mulut menjadi kering, terutama obat-obatan untuk mengatasi depresi dan tekanan darah tinggi. Xerostomia juga dapat disebabkan oleh kelainan pada kelenjar ludah sehingga produksi ludah menurun. Selain itu, kebiasaan bernapas lewat mulut juga dapat menyebabkan mulut cenderung menjadi lebih kering.
  • kebiasan merokok.
  • konsumsi makanan tertentu.

Berikut artikel yang dapat Anda baca.

Saliva atau Air Liur

Demikian informasi yang dapat saya berikan, semoga bermanfaat.

Salam,

0 Komentar

Belum ada komentar