Sukses

Minum Cairan Infus?

19 Oct 2014, 18:59 WIB
Pria, 29 tahun.
Selamat siang Dok,, Saya maua tanya,ada sebagaian dari orang2 mengatakan, bahwa kalau kita meminum cairan infus bisa dapat menggemukkan badan dan apakah efek dari itu terhadap tubuh kita..?? Mohon penjelasanny.

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi KlikDokter.

Cairan infus adalah cairan yang dikemas secara steril untuk pengganti cairan tubuh, memberikan nutrisi tambahan dan mempertahankan fungsi normal tubuh pasien rawat inap yang membutuhkan asupan kalori cukup selama masa penyembuhan atau setelah tindakan operasi. Cairan infus memiliki beberapa macam jenis larutan yang disesuaikan dengan kondisi pasien rawat inap. Ada larutan isotonis, hipotonis maupun hipertonis. Cairan yang juga digunakan untuk pembawa obat-obatan ke dalam tubuh ini bukan untuk dikonsumsi secara oral atau diminum.

Untuk meningkatkan berat badan, diperlukan konsumsi energi yang lebih besar daripada energi yang dipakai, dengan berbagai macam cara sebagai berikut :

  1. Makanlah secara teratur 3 kali sehari dengan gizi seimbang lebih banyak dari biasanya dan ditambah 2 kali makanan kecil (biskuit yang mengandung keju dan susu, minuman yogurt, jus buah). Gizi seimbang adalah susunan hidangan sehari yang mengandung zat gizi (karbohidrat, protein, lemak, vitamin, dan mineral) dalam jumlah dan kualitas yang sesuai dengan kebutuhan tubuh untuk dapat hidup sehat secara optimal. Dalam hal ini, konsumsi multivitamin dapat membantu pemenuhan vitamin dan mineral yang diperlukan tubuh.Selain minum susu 2x/hari bagaimana dengan pola makan dan nafsu makan Anda?
  2. Makanlah lebih banyak makanan sumber energi (karbohidrat) dan protein dari biasanya seperti roti, nasi, umbi-umbian, ikan, daging, tempe, tahu
  3. Tetap berolahraga secara teratur. Hal ini disebabkan karena beberapa jam setelah olahraga biasanya akan terasa lapar sehingga meningkatkan nafsu makan, yang tentunya berguna untuk menaikkan berat badan. Di lain sisi, olahraga perlu untuk menjaga tubuh tetap terlihat kencang, mengantisipasi berat badan yang naik beberapa kilogram. Tidak perlu yang terlalu berat, cukup jalan kaki selama 30 menit secara teratur dapat menjaga keseimbangan tubuh
  4. Yang terakhir adalah cukup istirahat agar energi Anda tidak banyak terbuang percuma.

Mulailah menerapkan pola hidup sehat, yakni dengan berolahraga teratur, istirahat cukup, dan pola makan yang sehat. Anda dapat berkonsultasi dengan ahli gizi untuk mengatur menu dan menjaga stabilisasi dari peningkatan berat badan. Namun perlu diingat bahwa selain faktor gizi, kemampuan metabolisme tubuh, dan genetik, terdapat beberapa kondisi medis yang dapat menyertai penurunan berat badan, seperti diabetes (kencing manis), tiroid (kelenjar gondok), atau penyakit keganasan yang memerlukan pemeriksaan lebih lanjut.
Demikian informasi yang dapat kami sampaikan. Semoga bermanfaat.

Salam,

Tim Redaksi KlikDokter

0 Komentar

Belum ada komentar