Sukses

Pilek Bercampur Darah dari Hidung

19 Oct 2014, 15:25 WIB
Wanita, 21 tahun.
Dok, saya dr SD mmng serring skali pilek sampai skrang saya berumur 21 thn. Saya mmpunyai kebiasaan memaksa (maaf) ingus saya kluar krna menurut saya itu sangat mngganggu ketika saya bernafas. saya pernah menanyakan hal ini kepada dokter umum, dy blang saya mempunyai alergi trhadap udara dingin, tp menurut saya tidak bgitu dok krna trkdang diudara yg panas pun tak jarang saya mengalami pilek jg. Beberapa bulan yg lalu ketika saya membuang ingus saya keluar darah dr hidung saya, tp saya tdak tau dok hidung sebelah mana karna saya sedang stengah tidur wktu itu, jd saya pikir itu hanya mimisan biasa Setelah kejadian itu tak jarang ketika saya membuang ingus terlihat sedikit bercak darah yg terikut keluar. Tetapi yg membuat saya khawatir dok, beberapa hari yg lalu tak lama setelah saya membuang ingus saya tiba2 kluar darah dr hidung saya yg d sebelah kiri. Lalu kmarin hal tersebut terjadi lg, tak lama kemudian batang hidung saya disebelah kiri mnjadi nyeri. Menurut dokter apa kira2 yg trjadi dgn hidung saya dok, apakah perlu ditindak lanjuti atau seperti apa dok. Mohon penjelasannya. Terima kasih
dr. Nadia Octavia

Dijawab Oleh:

dr. Nadia Octavia

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Klikdokter.

Kami memahami kekhawatiran yang Anda rasakan. Keluhan-keluhan yang Anda sebutkan di atas dapat disebabkan oleh beberapa hal, seperti:

  • Infeksi saluran napas oleh virus atau bakteri
  • Sinusitis
  • Alergi
  • Pasca penggunaan obat tetes hidung selama lebih dari 3 hari
  • Polip hidung
  • Rhinitis vasomotor
  • Dll

Namun, berdasarkan keterangan yang Anda berikan, kami menduga bahwa Anda mengalami sinusitis. Pada sinusitis perlu diberikan pengobatan antibiotika. Kami sertakan artikel berjudul Sinusitis untuk informasi selengkapnya.

Untuk menentukan diagnosis pasti, Anda perlu mengunjungi dokter spesialis THT untuk wawancara medis mendetil, pemeriksaan fisik lengkap dan pemeriksaan penunjang yang diperlukan. Dengan demikian Anda dapat memperoleh penanganan yang optimal.

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan. Semoga bermanfaat. (NO)

Salam,

Tim Redaksi Klikdokter

0 Komentar

Belum ada komentar