Sukses

Ingin Menghilangkan Bekas Luka

11 Sep 2014, 15:33 WIB
Wanita, 36 tahun.
Selamat sore Dokter, Saya mempynyai bekas luka pada kaki,saya pernah ke klinik kecantikan dan dokter melakukan chemical peeling pada kaki saya untuk sementara bekas luka berubah menjadi lebih putih dari warna kulit saya setelah beberapa hari kembali lagi menghitam,saya malu dan tidak percaya diri dengan keadaan ini. pertanyaan saya: 1.apakah laser adalah tindakan yang paling tepat untuk menghilangkan bekas luka saya atau ada opsi lain. Trimakasih atas jawabanya. Salam
dr. Nadia Octavia

Dijawab Oleh:

dr. Nadia Octavia

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi KlikDokter.

Kami mengerti kekhawatiran yang Anda rasakan. Bekas luka dapat berupa jaringan keloid yang menonjol atau berupa lapisan kulit yang masuk ke dalam. Bekas luka dapat dihilangkan dengan beberapa cara, misalnya dengan terapi laser, dermabrasi, dll.  Namun, penanganan bekas luka ini sangat tergantung dari luas serta kedalaman bekas luka. Selain itu, bekas luka juga dapat disamarkan dengan cara pemberian krim malam yang umumnya mengandung asam retinoat yang diresepkan oleh Dokter Spesialis Kulit dan Kelamin. Kemudian cara lain yang dapat memudarkan atau bahkan menghilangkan bekas luka yaitu Prosedur Chemical peeling, seperti yang Anda lakukan Kedua prosedur tersebut (krim malam yang mengandung asam retinoat dan chemical peeling) bekerja dengan cara mempercepat proses regenerasi kulit, sehingga sel-sel kulit baru akan lebih cepat timbul. 


Namun, sebaiknya sebelum memilih dan melakukan prosedur tersebut, kulit Anda akan dianalisa terlebih dahulu seperti kedalaman bekas luka, jenis kulit, dan adanya reaksi alergi. Setelah itu, baru dipilihkan terapi yang tepat untuk Anda misalkan apakah perlu dilaser dan lain sebagainya. 

Kami sarankan Anda Dokter Spesialis Kulit dan Kelamin untuk mendiskusikan pilihan-pilihan untuk mengatasi bekas luka pada kulit Anda.

Semoga penjelasan ini bermanfaat. (NO)

Salam, 

Tim Redaksi Klik Dokter

0 Komentar

Belum ada komentar