Sukses

Gigi Susu Terbentur

19 Oct 2014, 21:38 WIB
Wanita, 34 tahun.
Dokter pada saat anak saya berumur sekitar 3 tahun pernah jatuh dan gigi depannya terbentur 2 kali sehingga gigi susunya bagian depan atas terbentur dan patah serta berubah menjadi berwarna pink.kini anak saya usianya sdh 7 .4 thn dan gigi yg terjatuh tersebut menjadi karies menjadi hitam sampai skrg blm tumbuh padahal gigi yg sebelahnya sudah tumbuh.Bagaimana dok apakah keadaan tersebut mempengaruhi benih gigi tetap?? Bisakah gigi tetapnya tumbuh normal ? Mohon dijelaskan terima kasih
drg. Arni Maharani

Dijawab Oleh:

drg. Arni Maharani

Terima kasih atas pertanyaan Anda.

Saya turut prihatin atas kondisi anak Anda.  Benturan pada gigi baik gigi susu maupun gigi tetap dapat menyebabkan gigi menjadi patah atau menjadi nonvital/mati. Perubahan warna pada gigi yang mengalami benturan atau trauma menjadi kehitaman merupakan tanda bahwa gigi telah nonvital. Benturan pada gigi susu memang dapat mempengaruhi benih gigi tetap dibawahnya.

Untuk memastikan keadaan benih gigi tetap dibawahnya perlu dilakukan pemeriksaan penunjang berupa pemeriksaan foto x-ray. Bila gigi yang sama dalam rongga mulut anak Anda pada sisi sebelahnya telah tumbuh dan hampir erupsi sempurna tapi gigi yang bermasalah tidak ada tanda-tanda untuk lepas seperti goyang maka sebaiknya periksakan keadaan tersebut ke dokter gigi.

Berikut artikel terkait yang dapat Anda baca.

Pentingnya Merawat Gigi Susu Pada Anak
Gigi Susu

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan, semoga bermanfaat.

Salam,

 

0 Komentar

Belum ada komentar