Sukses

Gigi Sakit Saat Kontak

19 Oct 2014, 18:08 WIB
Wanita, 26 tahun.
Dok, mau nanya nih.. sekitar 4 bulan lalu saya ke drg untuk menambal gigi geraham paling belakang, seminggu setelah tambal, gigi itu klo bentrok dg gigi atas itu ada rasanya...lalu menghilang. kini 4 bulan setelah tambal, kerasa lagi dok, klo bentrok sama gigi atasnya kerasa nyeri dan agak gatal, kenapa itu dok? itu sudah tambal permanen yg laser. dulu saya pernah ke drg spesialis konservasi dan oleh drg itu di bor dan di kasih obat lalu di tambal sementara... katanya disuruh perawatan akar, berhubung mahal ahirnya saya pindah ke drg yg bukan sp.konservasi.. di drg lain tambalannya ga dibuka sempurna, bagian dalemnya yg di kasih obat ga di buka, setelah dua kali balik di drg itu lalu di tambal permanen,, gimana ini dok? kok skrg malah kerasa sakit klo bangun pagi dan bentrok sama gigi lain pun sakit serta kerasa agak gatal
drg. Arni Maharani

Dijawab Oleh:

drg. Arni Maharani

Terima kasih atas pertanyaan Anda.

Saya turut prihatin atas kondisi yang Anda alami. Sebelumnya saya akan menjelaskan sedikit mengenai lubang gigi atau karies karena ini berkaitan dengan kondisi Anda. Karies (lubang) pada gigi terjadi akibat infeksi bakteri, yang berakibat kerusakan gigi sedikit demi sedikit hingga lama kelamaan lubang semakin dalam. Dari yang dangkal sebatas email, makin dalam hingga mencapai dentin.

Jika karies lebih dalam lagi dan sudah mencapai pulpa (kamar syaraf gigi), tidak lagi dapat sekedar ditutup dengan bahan tambal. Sebelumnya, harus dilakukan perawatan saluran akar (endodontic treatment, atau root canal treatment) seperti yang dianjurkan oleh dokter gigi spesialis konservasi Anda. Saluran akar harus dibersihkan agar steril dan bebas dari infeksi kuman. Lalu saluran akar tersebut diisi dengan bahan pengisi saluran akar agar mencegah kontaminasi bakteri. Gigi yang berlubang akan menimbulkan sakit berdenyut kalau sudah mencapai ruang pulpa (lihat gambar di atas) yang isinya adalah jaringan syaraf dan pembuluh darah. Bila tidak dirawat, infeksi bisa menyebar ke jaringan di bawah gigi dan menimbulkan abses.

Rasa sakit yang Anda rasakan pada saat gigi berkontak dapat disebabkan oleh karena adanya kelainan pada bagian akar gigi pasca perawatan yang dilakukan dokter gigi. Untuk itu maka sebaiknya perlu dilakukan pemeriksaan kembali oleh dokter gigi guna memastikan apakah penyebab pasti dari keadaan tersebut.

Demikian informasi yang dapat saya berikan, semoga bermanfaat.

Salam,

 

0 Komentar

Belum ada komentar