Sukses

Sering Mimisan & Telapak Tangan Berkeringat

20 Oct 2014, 10:28 WIB
Wanita, 24 tahun.
Dok umur saya 24 tahun, saya mau tanya kenapa saya selalu mimisan, memang tdk setiap hari atau dalam waktu tertentu, tetapi secara tiba-tiba saja saya bisa mimisa, dan saya mau tanya lagi kenapa telapak tangan saya terkadang berkeringat, dan apakah ini merupakan suatu penyakit ? jika iya apakah berbahaya dan bagaimana cara menyembukannya, apakah semua ini akibat karena saya pelihara seekor kucing ? Terima kasih Dok, mohon di jawab.

Terima kasih atas pertanyaan Anda

Kami mengerti kekhawatiran yang Anda rasakan. Keluhan Anda saat ini adalah mimisan dan telapak tangan sering berkeringat. Kedua hal ini tidak berkaitan dengan riwayat Anda memiliki kucing.

Perdarahan dari hidung atau mimisan sering ditemukan sehari-hari, hampir sebagian besar dapat berhenti sendiri. Berbagai penyebab mimisan dibagi menjadi 2 bagian besar yaitu lokal dan sistemik. Penyebab lokal yang tersering adalah trauma, infeksi, tumor ganas  dan kelainan bawaan. Penyebab lainnya adalah kelainan sitemik, seperti penyakit jantung, kelainan darah, infeksi, perubahan tekanan atmosfer dan gangguan endokrin.

Mimisan merupakan keluarnya darah dari hidung disebabkan karena pecahnya pembuluh darah di dalam hidung. Pembuluh darah pada hidung  tergolong rapuh dan mudah pecah yang dipicu oleh beberapa faktor, yang paling sering adalah tauma pada hidung, udara yang panas, atau kelelahan.

Namun untuk memastikan penyebab dari mimisan yang Anda alami, kami sarankan agar Anda untuk konsultasi langsung dengan dokter THT untuk pemeriksaan lengkap dan penanganan optimal segera, terlebih karena Anda cukup sering mengalaminya.

Telapak tangan dan telapak kaki yang basah dan selalu berkeringat dapat merupakan suatu keadaan yang disebut hiperhidrosis. Hiperhidrosis merupakan suatu keadaan ketika kelenjar keringat memproduksi keringat berlebih yang seringkali dipicu oleh emosi atau oleh suhu. Seringkali terjadi pada telapak tangan, telapak kaki dan ketiak. Kondisi ini biasanya diturunkan dalam keluarga. 

Keluhan Anda tersebut juga dapat disebabkan banyak kemungkinan, seperti masalah saraf, hormonal dan psikis. Mengenai masalah hormon yang paling sering terjadi adalah gangguan fungsi kelenjar tiroid misalnya pada hipertiroid. Sedangkan pada masalah saraf, dapat terjadi stimulus dari saraf simpatis. Mengenai psikis terjadi karena faktor psikologis (stress). Kami sarankan sebaiknya Anda juga berkonsultasi ke Dokter Penyakit Dalam untuk evaluasi menyeluruh dan lebih lanjut untuk penanganan yang tepat. 

Anda dapat membaca artikel berikut ini untuk menambah wawasan Anda:

Hiperhidrosis

Demikian informasi yang dapat kami berikan, semoga bermanfaat. 

Salam,


Tim Redaksi Klikdokter

 

 

0 Komentar

Belum ada komentar