Sukses

Hiperprolaktinemia & Gangguan Kesuburan

20 Oct 2014, 01:42 WIB
Wanita, 30 tahun.
selamat malam saya pengidap prolaktinoma,dan tidak pernah terapi obat cabergolin. saya sudah 8 bulan tidak menstruasi (okt-april), tetapi bulan berikutnya (mei) saya terkena penyakit tipes dan asam lambung dan mastitis sampai beberapa kali masuk UGD,,saya mengalami penurunan berat badan drastis dalam seminggu dari 82 menjadi 74 . saat itu saya iseng TP ternyata ada 2 garis yang satu samar sampai saya ulang beberaa kali sampai 2garis tebal tgl 27juni dan saya USG ternyata saya hamil tapi memasuki usia 12minggu janin saya tidak berkembang dan tgl7 septembe kemaren saya kuret. pertanyaan saya: 1.apakah janin saya tidak berkembang karena prolaktin tinggi? 2.apakah setelah kuret saya bisa promil lagi? 3. bagaimana jika saya belum mendapatkan menstruasi lagi pasca kuret? 4.apakah dengan asam folat dan vit E bisa menambah kesuburan. terima kasih atas perhatian dan jawaban yang diberikan tri astuti, 30th yogyakarta

Terima kasih atas pertanyaan Anda

Kami mengerti kekhawatiran yang Anda rasakan. Hiperprolaktinemia adalah istilah yang merupakan tingkat darah yang lebih tinggi dari normal pada hormon prolaktin. Hormon prolaktin ini dibuat oleh kelenjar hipofisis, yang terletak di dasar otak. Fungsi hormon prolaktin adalah untuk merangsang produksi ASI (air susu ibu) setelah melahirkan. Normalnya kadar hormon prolaktin di dalam tubuh berkisar antara 1,39-24,20 ng/ml.  kadar tinggi dapat dijumpai pada ibu menyusui dan juga dapat dijumpai pada tumor pititari, prolaktinoma, tumor ini merupakan tumor yang menyebabkan kadar prolaktin tinggi. Berikut efek samping apabila terjadi peningkatan kadar prolaktin:

  1. Tidak ada periode menstruasi atau menstruasi yang tidak teratur
  2. Infertilitas
  3. Kekeringan vagina, membuat  hubungan intim menjadi tidak menyenangkan.
  4. Pembesaran payudara ketika tidak hamil atau menyusui
1. Apakah janin saya tidak berkembang karena prolaktin tinggi?
Bisa saja terjadi, namun perlu dilakukan pemeriksaan lebih lanjut.


2. Apakah setelah kuret saya bisa promil lagi?
 
Setelah kuret Anda dapat melakukan program hamil kembali, jika memang kadar prolaktin Anda sudah normal. Karena dengan tingginya kadar prolaktin , maka kemungkinan untuk dapat hamil sangat kecil. Oleh karena itu kami sarankan Anda melakukan konsultasi degan dokter spesialis penyakit dalam agar mendapatkan terapi yang optimal.

3. bagaimana jika saya belum mendapatkan menstruasi lagi pasca kuret?

Perubahan pola dan lama haid tidak dipengaruhi oleh tindakan kuret. Siklus menstruasi normal berlangsung selama 21-35 hari, 2-8 hari adalah waktu keluarnya darah haid yang berkisar 20-60 ml per hari atau mengganti pembalut sekitar 2-4 kali. Namun perlu Anda ketahui juga jika kadar prolaktin Anda masih diatas nilai normal, makan dapat terjadi gangguan menstruasi. 

4. Apakah dengan asam folat dan vit E bisa menambah kesuburan.
 
Asam folat dikonsumsi untuk mempersiapkan kehamilan.Menurut The Center for Disease Control(CDC), wanita yang berencana untuk hamil dianjurkan mengkonsumsi vitamin B dalam jumlah cukup dan asam folat sebanyak 400 mikrogram/hari agar dapat mengurangi risiko gangguan perkembangan otak embrio.
Berikut kami sertakan artikel yang dapat Anda baca : 

Lima Keajaiban Asam Folat

Alpukat, Mencegah Janin Cacat

Persiapkan Kehamilan Dengan Konsumsi Asam Folat

Kandungan Antioksidan dalam vitamin E dapat menangkal radikal bebas yang terdapat dalam tubuh terutama dalam rahim seorang wanita sehingga bermanfaat bagi kesuburan wanita. 

Berikut artikel Persiapan Kehamilan untuk menambah informasi Anda.

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan. Semoga bermanfaat. 
Salam,


Tim Redaksi Klikdokter

 

 

0 Komentar

Belum ada komentar