Sukses

Gatal di Seluruh Tubuh

12 Sep 2014, 00:35 WIB
Wanita, 39 tahun.
Dokter, Saya wanita usia 39tahun, sejak remaja saya mengalami gangguan kesehatan yang membuat saya minder, dimana saat saya melakukan aktivitas berolah raga lari, selalu timbul gatal gatal di sekujur tubuh saya, dimulai gatal gatal dari kaki (betis), menjalar ke paha, lalu badan sehingga saya tidak kuat sekali melanjutkan olah raga lari ini, semakin saya memaksakan untuk berlari, semakin membuat saya tersiksa karena harus mengaruk gatal yang saya rasakan. Jarak lari yang saya tempuh belum mencapai 100 meter atau belum 1 menit sudah timbul gatal. Hal ini membuat saya sedih karena saya tidak bisa bergabung berolah raga lari disetiap aktivitas bersama keluarga dan teman teman. Padahal olah raga lari adalah sehat, murah meriah, dan meningkatkan daya tahan terhadap penyakit Sebenarnya apa yang terjadi dengan kesehatan saya dokter ? dan apa yang harus saya lakukan agar saya bisa berolah raga selayaknya orang lain tanpa gangguan gatal gatal ini ? Mohon saran dari Dokter. Terima kasih. YANI HARIYANI ? di Tangerang.

 Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi klikdokter.

Penyakit kulit paling baik untuk didiagnosis berdasarkan pemeriksaan langsung karena begitu banyak penyakit kulit yang dapat menunjukkan gambaran serupa. 

Untuk saat ini, kemungkinan besar penyebab keluhan Anda adalah prurigo atau dermatitis atopik, perlu informasi lebih detail dan pemeriksaan fisik secara langsung untuk membedakannya. 

Penyebabnya tidak diketahui, namun terdapat beberapa faktor yang diduga berpengaruh antara lain:

  • Faktor eksternal: gigitan serangga, kontak dengan pemicu alergi (alergen),  faktor fisik seperti panas, dingin, cahaya.
  • Faktor internal: stres emosional dan faktor psikologis lain
  • Faktor hormon / endokrin
  • Alergi makanan dan obat
  • Infeksi: tonsilitis dan sinusitis kronik
  • Anemia kekurangan zat besi, dan
  • Hingga 80% penderita prurigo memiliki riwayat keluarga dengan dermatitis atopik, asma ataupun alergi.

Bagaimanapun, hal ini masih merupakan kemungkinan  yang harus dibuktikan melalui pemeriksaan langsung oleh dokter. Untuk itu, kami sarankan sebaiknya Anda segera memeriksakan ke dokter spesialis kulit dan kelamin untuk diagnosis dan terapi lebih lanjut. 

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan. Semoga bermanfaat. 

Salam,

Tim Redaksi Klikdokter

 

0 Komentar

Belum ada komentar