Sukses

Nyeri Kaki Setelah Bersepeda

19 Oct 2014, 17:53 WIB
Wanita, 18 tahun.
Dok saya mau tanya, satu bulan yg lalu setelah saya bersepeda, besoknya lutut dan betis kiri saya terasa berat saat berjalan. Kemudian beberapa hari kemudian dari paha sampai telapak kaki terasa ngilu-ngilu biasa yg hilang timbul kemudan 2 kali saya mengalami kaki yg sangat ngilu, terus setalah it ngilu hilang dan lutut kembali berat saat berjalan. Ini berlangsung selama 2 minggu setelah bersepeda sampai rasa beratnya hilang. Sebenarnya apa yg saya alami dok? Dan mengapa saya merasa paha dan betis kiri saya lebih kecil dari kanan walaupun it perbedaannya tdk terlalu signifikan? Apakah perbedaan ukuran it hanya perasaan saya saja atau ada hubungannya dg gejala sebelumnya? Mohon penjelasannya dok, trima kasih

 Terima kasih atas pertanyaan Anda

Kami mengerti kekhawatiran yang Anda rasakan. Untuk mendiagnosis sebuah penyakit dibutuhkan anamnesis dan pemeriksaan fisik.Sulit bagi kami untuk mendiagnosis keluhan Anda hanya saja kami akan mencoba menjelaskan mengenai nyeri otot pasca olahraga.

Nyeri otot yang muncul 1 hingga 2 hari setelah berolahraga dapat dialami oleh semua orang, hal itu merupakan keadaan yang normal biasanya tidak berlangsung lama sekaligus menandakan bahwa olahraga Anda sudah benar. 

Nyeri otot setelah aktivitas otot dikenal sebagai Delayed Onset Muscle Soreness (DOMS), peristiwa ini sering terjadi bila kita memulai tipe olahraga baru, merubah gaya olahraga kita atau menambah durasi dan intentistas olahraga. Saat otot bekerja lebih berat dibandingkan biasanya, terjadinya kerusakan mikroskopis pada serat otot yang menimbulkan rasa nyeri dan kaku. Semua bentuk gerakan yang tidak biasa Anda lakukan dapat memicu DOMS, terutama gerakan dimana terjadi kontraksi otot saat otot memanjang (eccentric muscle contraction). 

Mengenai cara penanganannya, pengobatan seperti kompres dingin, pijat, obat-obatan untuk peradangan seperti aspirin atau ibuprofen, dapat membantu menghilangkan gejala.

DOMS sebenarnya tidak perlu penanganan ke dokter tetapi kami sarankan Anda berkonsultasi ke dokter spesialis saraf karena Anda memiliki keluhan tambahan seperti sulit berjalan, terasa berat saat berjalan,otot kecil sebelah agar diketahui penyebab pasti keluhan Anda dan dapat ditangani dengan maksimal.

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan. Semoga bermanfaat.

Salam,


Tim Redaksi Klikdokter

 

0 Komentar

Belum ada komentar