Sukses

Induksi Persalinan

19 Oct 2014, 05:26 WIB
Wanita, 29 tahun.
Dear dokter, Usia kandungan saya 38 minggu dgn BB janin 3,4 kg. Posisi janin sehat & bagus. Dokter kandungan saya memberi obat Noprostol sebanyak 2 tablet yg diminum masing-masing sekali sehari untuk merangsang kontraksi. Apakah obat ini berbahaya? karena saya cek di google, Noprostol adalah obat aborsi. Setelah minum sekali, perut terasa kencang tetapi dipakai tidur, perut terasa normal & tidak kontraksi lagi Perlukah saya lanjut minum obatnya jika belum ada tanda melahirkan? Terima kasih dok.

Terima kasih atas pertanyaan Anda

Kami mengerti kekhawatiran yang Anda rasakan. Obat yang Anda konsumsi saat ini memiliki kandungan misoprostol. Jika kehamilan sudah aterm (cukup bulan) seperti kehamilan Anda saat ini, obat ini aman digunakan sebagai induksi persalinan, yaitu mempercepat jalannya persalinan. Tindakan induksi persalinan dilakukan bila hal tersebut dapat memberi manfaat bagi ibu dan atau anaknya. 
INDIKASI: 

  1. Ketuban pecah dini dengan chorioamnionitis
  2. Pre-eklampsia berat
  3. Ketuban pecah dini tanpa diikuti dengan persalinan
  4. Hipertensi dalam kehamilan
  5. Gawat janin
  6. Kehamilan postterm

Memang akan terjadi kontraksi perut sesaat setelah mengkonsumi obat ini, tentu nya dokter yang telah memeriksa Anda secara menyeluruh sebelumnya mempunyai pertimbangan khusus mengenai pemberian obat ini. Oleh karena itu kami sarankan Anda melakukan konsultasi kembali dengan dokter kandungan Anda.

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan. Semoga bermanfaat.

Salam,


Tim Redaksi Klikdokter

0 Komentar

Belum ada komentar