Sukses

Solusi Jerawat & Bercak Putih di Wajah

19 Oct 2014, 04:03 WIB
Wanita, 20 tahun.
Selamat Pagi Dokter, Terima Kasih telah menjawab pertanyaan saya sebelumnya mengenai alergi saya. Ada hal yang ingin saya tanyakan kembali mengenai masalah kulit . Sekarang ini saya sering sekali timbul jerawat di wajah. timbul jerawat kecil-kecil yang mengganggu dan membuat saya begitu risih bila melihatnya. Saya sering mencuci wajah saya dengan sabun pepaya. Apakah sabun pepaya tersebut baik untuk digunakan pada wajah? dan bagaimana cara yang tepat mengatasi jerawat kecil - kecil pada wajah ? Saya juga bingung , di wajah saya ini timbul putih - putih seperti orang kena panu .. bagaimana untuk menghilangkan itu dokter ? apakah kulit saya ini termasuk kulit yang sangat sensitif ... sering kali juga timbul merah - merah kaya belar gitu jika terkena debu sehabis bersih-bersih rumah atau juga pengaruh dingin .. kalau dalam bahasa istilahnya reman atau biduran .. Apakah itu berbahaya dokter? biduran itu seperti bial gigitan nyamuk namun besar-besar... Terima Kasih Dokter .. Mohon jawabannya ......... Salam Marliani :)

Terima kasih atas pertanyaan Anda

Kami mengerti rasa khawatir Anda dengan keluhan jerawat Anda. Pertama izinkan kami menjelaskan tentang pencegahan jerawat. Penyebab pasti jerawat memang belum diketahui, namun ada berbagai faktor yang diketahui berkaitan dengan penyakit ini: 

  • Stress
  • Faktor hormonal. Salah satu faktor penting yang menyebabkan timbulnya jerawat adalah meningkatnya produksi hormon testosteron, yang dimiliki oleh tubuh pria maupun wanita. Hormon testosteron yang terdapat dalam tubuh pria maupun wanita memicu timbulnya jerawat dengan merangsang kelenjar minyak (sebaceous gland) untuk memproduksi minyak kulit (sebum) secara berlebihan.
  • Kelenjar minyak yang terlalu aktif
  • Keturunan dari orangtua
  • Bakteri di pori-pori kulit

Sehingga pengobatan jerawat juga perlu memperhatikan faktor-faktor di atas. Jerawat dapat timbul kembali jika faktor-faktor di atas tidak dapat dikontrol dengan baik. 

Kondisi kulit berminyak merupakan jenis kulit yang sangat berisiko untuk mengalami jerawat. Selain pengobatannya memang membutuhkan kesabaran, juga memerlukan pengendalian dari pola makan, kebiasaan membersihkan wajah, pengendalian stress dan sebagainya.

Pengobatan jerawat didasarkan dengan cara mengurangi produksi minyak, melawan infeksi bakteri, mempercepat pergantian sel kulit dan mengurangi peradangan. Sebagian besar obat-obatan jerawat belum memberikan hasil dalam 4-6 minggu pertama. Pengobatan yang diberikan dapat termasuk pengobatan luar dan juga obat-obatan minum.

Memang pengobatannya membutuhkan jangka waktu lama dan kesabaran. Kami sarankan agar tidak berganti-ganti dokter karena penanganan kulit berjerawat memang membutuhkan waktu yang lama sehingga perlu pemantauan dan kesabaran. Jika berganti-ganti dokter, maka setiap dokter baru biasanya akan memulai pengobatan dari awal lagi.

Selain dari obat-obatan luar dan obat-obatan minum, Anda juga perlu memperhatikan diet dan  kebersihan wajah

Namun, sebaiknya sebelum memilih dan melakukan prosedur tersebut, kulit Anda akan dianalisa terlebih dahulu seperti jenis jerawat, jenis kulit, dan adanya reaksi alergi. Setelah itu, baru dipilihkan jenis cairan kimia dan konsentrasi/ kekuatan yang sesuai untuk kondisi kulit Anda. Sampai saat ini kami belum menemukan penelitian yang menyatakan manfaat sabun pepaya tersebut.

Kami sarankan Anda mengunjungi dokter spesialis kulit dan kelamin untuk analisa faktor-faktor yang menyebabkan jerawat pada wajah Anda.

Berikut artikel-artikel kami mengenai "Jerawat":

Baca pula artikel artikel berikut untuk menambah informasi Anda.

Bercak Keputihan di Wajah

Bercak keputihan yang Anda sebutkan di dalam dunia medis disebut dengan bercak hipopigmentasi. Hipopigmentasi adalah hilangnya / berkurangnya warna kulit. Hal ini disebabkan berkurangnya sel melanosit di kulit akibat dari berkurangnya asam amino tirosin yang digunakan melanosit untuk membuat melanin atau sel pigmentasi (pewarna kulit). Hipopigmentasi yang disertai dengan sisik-sisik halus mengelupad dapat disebabkan oleh beberapa hal, yaitu :

  • hipopigmentasi pasca peradangan/luka di kulit

  • pitiriasis versikolor atau dikenal dengan panu

  • pitiriasis alba

  • lepra

Untuk menghilangkan bercak tersebut harus dicari apa penyebabnya. Bila penyebabnya adalah pitiriasis versikolor maka dapat diberikan obat jamur yang sesuai. Terapi disesuaikan dengan penyebabnya. Pada hipopigmentasi paska peradangan, sel melanosit kulit di daerah tersebut sudah rusak sehingga terjadilah hipopigmentasi, hal ini sulit dihilangkan kecuali dengan operasi / laser. Pitiriasis alba biasanya terjadi pada kulit atopi (berbakat alergi) dan seringkali disebabkan karena paparan sinar matahari. Sedangkan pada lepra biasanya disertai dengan rasa baal pada daerah dengan bercak putih tersebut dan pengobatannya harus rutin dan ditindak lanjuti oleh dokter spesialis kulit dan kelamin.

Karena banyaknya kemungkinan penyebab terjadinya hipopigmentasi pada diri Anda, kami sarankan Anda berkonsultasi ke dokter spesialis kulit dan kelamin untuk dilakukan pemeriksaan secara langsung agar dapat diketahui penyebabnya. Dengan demikian, dokter dapat memberikan pengobatan sesuai penyebabnya. Penyakit kulit akan lebih mudah didiagnosis apabila dilihat secara langsung karena perlu diketahui lokasi tepatnya, ukuran dan lainnya. Penggunaan salep secara sembarangan tanpa mengetahui penyebabnya tidak akan memberikan hasil yang efektif dan malah dapat menyebabkan perburukan.

Mengenai keluhan biduran yang juga Anda alami, Anda dapat membaca artikel berikut terkait dengan pertanyaan Anda "Urtikaria"

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan, semoga informasi ini bermanfaat bagi Anda.

Salam, 


Tim Redaksi KlikDokter.

0 Komentar

Belum ada komentar