Sukses

Seputar Alergi

19 Oct 2014, 06:57 WIB
Pria, 18 tahun.
dok kali ini saya mau menanyakan tentang alergi, banyak teman saya yang alergi terhadap makanan laut (seafood) bahkan adik saya pun alergi seafood. rata-rata teman saya muncul bentol-bentol merah hampir diseluruh bagian tubuhnya setelah memakan seafood. alergi itu karena apa ya dok? apa karena faktor genetik atau faktor tidak dibiasakannya makan seafood sejak dini? lalu kira-kira bisa enggak ya dok alergi itu disembuhkan? mohon dijawab ya dok:) terimakasih banyak:)

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi KlikDokter.

Kami akan mencoba menjelaskan mengenai alergi. Alergi adalah reaksi tubuh yang berlebihan terhadap benda asing tertentu atau yang disebut alergen. Apabila alergen masuk ke dalam tubuh seseorang, melalui berbagai cara, baik terhisap, tertelan, ataupun kontak dengan kulit, maka  sistem kekebalan tubuh seseorang yang memiliki alergi akan aktif dan menimbulkan reaksi yang berlebihan.

Seseorang dengan riwayat alergi tertentu dapat juga memiliki alergi terhadap beberapa hal. Alergi tidak dapat hilang sepenuhnya, yang dapat dilakukan bagi penderita alergi adalah dengan melakukan pencegahan atau penghindaran dari materi-materi yang dapat menyebabkan alergi. Maka, penting bagi Anda untuk mengetahui apa saja yang dapat memicu timbulnya reaksi alergi Anda dan menghindarinya. Ingat, obat-obatan yang Anda konsumsi hanyalah menghilangkan gejala yang timbul karena reaksi alergi, bukan menyembuhkan alergi.

Alergi dapat muncul karena faktor keturunan, lingkungan, ras, iklim, ketidakseimbangan susunan saraf otonom, dan sebagainya. Hasil penelitian menunjukkan, delapan puluh tujuh persen anak yang mendapatkan serangan alergi sebelum umur 10 tahun, lahir dari orangtua yang keluarganya alergis. Bahkan, orangtua dengan riwayat alergi turut menularkan risiko anak terkena alergi sebesar 40-50%. Namun, risiko anak terkena alergi pun tetap ada. Bisa juga terjadi anak alergis padahal kedua orang tuanya tidak. Pada kasus-kasus tertentu, faktor seperti infeksi memegang peranan. Yang jelas, semua orang dapat menderita alergi. 

Kami sertakan artikel untuk menambah informasi Anda:

5 Pemicu Alergi Teraneh

Terbebas Alergi

Alergi

Stres Sebabkan Alergi

 

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan. Semoga bermanfaat.

Salam,

 

Tim Redaksi KlikDokter

0 Komentar

Belum ada komentar